Pengaruh Studentpreneur Pada Pembelajaran Kemandirian Wirausaha Siswa – Siswi Kelas XII Agribisnis Dan Holtikultura Di SMK Negeri 5 Jember

Ahmad Nur Mahfuda, Retno Murwanti

Abstract


Penelitian Ini menganilisis Studentpreneur pada Pembelajaran Kemandirian Wirausaha Siswa – Siswi SMKN 5 Jember. Selama ini pendidikan telah membentuk mindset siswa menjadi generasi pencari kerja sedangkan lapangan kerja terbatas. Pendidikan justru menghasilkan pengangguran. Seharusnya perlu pembiasaan sejak dini kepada siswa untuk belajar berwirausaha (entrepreneurship). Semangat siswa perlu dibangkitkan sehingga diharapkan lahir entrepreneur baru yang bisa menciptakan lapangan kerja guna mengatasi masalah pengangguran. Adapun Tujuan Utama Penelitian Risert ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif  bagi dunia pendidikan, pemerintah dan umat Islam. Kontribusi tersebut adalah merevitalisasi Pembelajaran Kemandirian Wirausaha bagi Siswa – siswi. Metode Penelitian ini menggunakan dengan mengumpulkan data dan informasi terkait kajian masalah. Data diolah secara sistematis, disajikan dan disimpulkan. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif. Dari pembahasan  dapat   disimpulkan   bahwa   Studentpreneur  Kemandirian Wirausaha merupakan   model  Pembelajaran alternatif penanaman jiwa berwirausaha sejak dini. Pembelajaran Kemandirian Wirausaha untuk mengembangkan, menerapkan dan mendidik  siswa berwirausaha (studentpreneur) secara mandiri. Berdampak hasil prosentasi keterlibatan yaitu Aspek Kognitif (95%), Aspek Afektif (96%) dan Aspek Psikomotorik (97%) pada peserta didik melaui pengembangan dan penerapan tentang  Studentpreneur Pada Pembelajaran Kemandirian Wirausaha.

Keywords


Studentpreneur, Kemandirian Wirausaha, Siswa – Siswi

References


Aprilliati Eka .(2012). Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. (Vol 2 No.3).Hlm 314.

Azis Fathoni .Analisis Faktor Karakteristik Entreprenuer,Karakteristik Sumber Daya Manusia, dan Karakteristik UMKM Terhadap Perkembangan Usaha dengan Inovasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Bambang Suroto. (2016). Identifikasi Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa (Studi Kasus Pelaksanaa Program Unggulan Kewirausahaan. Jurnal Fakultas Ekonomi, Universitas Lancang Kuning Pekanbaru.Hlm 154.

Sulasmi & Moerdiyanto. (2015). Pengaruh Student Company Terhadap Kompetensi Kewirausahaan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. (Vol.22 No.3).

Putra, dkk. (2014). Hubungan Kemandirian Dengan Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang [Online]. Diakses pada 5 Januari 2017.

Lutfiansyah, D. (2010). Pendidikan Kecakapan Hidup dalam Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga untuk Peningkatan Pendapatan dan Kemandirian Berwirausaha. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Alma, B. (2009). Kewirausahaan. Bandung: ALFABETA

Badudu, J (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Anwar. (2006). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education). Bandung: ALFABETA.

Hasan, Bachtir dan Setiadi. 2010.Cara Praktis Membangun Wirausaha. Bandung: Pustaka Rama




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i1.7750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats