Analisis Pengaruh Promosi, E-WOM dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian

Wahyu Eko Setianingsih

Abstract


Pemasaran memerlukan sejumlah elemen untuk meningkatkan omset penjualan suatu perusahaan. Pada era digital diperlukan promosi dan e-wom melalui media sosial untuk menarik pembelian konsumen. Brand image yang baik juga mempengaruhi calon konsumen untuk melakukan pembelian. Kegemaran kaum mileneal hang out di café membuat Nuansa Coffee melakukan promosi, memperhatikan e-wom dan brand image. Promosi gencar yang dilakukan melalui media online, dan e-wom yang ditinggalkan oleh konsumen membuat Nuansa Coffee semakin dikenal oleh kaum milineal. Brand Image yang tercipta dengan melakukan pagelaran music membuat Nuansa Coffee memiliki keunggulan dibanding pesaingnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 98 responden dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Setelah data valid dan reliabel serta terindar dari asumsi klasik, maka dilakukan uji regresi liniear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi, e-wom dan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Nuansa Coffee Jember. Hasil penelitian ini mendukung berbagai referensi dan empiris yang membahas tentang prmosi, e-wm dan brand image terhadap keputusan pembelian konsumen.

 


Keywords


keputusan pembelian, promosi, e-wom, brand image

References


Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J. G. 2021. Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ) : Vol 4 No 2

Chandrawati, V.H., & Setiawati, C.I. 2021. Pengaruh Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Saat Kondisi Covid-19 (Studi Pada Pizza Hut di Jabodetabek). e-Proceeding of Management : Vol.8, No.5 Oktober 2021

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro. Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 9). Cetakan ke IX. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Komariah, S., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. 2021. Analisis Pengaruh Promosi, Brand Trust dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Konsumen Dealer Honda Sinar Baru Pamekasan). Jiagabi : Vol. 10 No. 2

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 16th edition. New Jersey: Pearson. Nurhayati, S. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Yogyakarta. JBMA : Vol. 4 No. 2

Nazib, M.A., Lasiyono, U., & Ariprabowo, T. 2021. Pengaruh Brand Image, Kualitas & E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda CV. Tirta Sejahtera. Journal of Sustainabilty Business : Vol 2 No 1

Putra, F.F., & Saputri, M.E. 2020. Pengaruh Brand Image dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Bukalapak. E-proceeding of Management: Vol. 7 No. 2

Puteri, E.M., & Djuwita, A. 2021. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kembali di Eastwood Store. E-proceeding of Management: Vol. 8 No. 1

Rasyid, C.A., & Lutfie, H. 2018. Pengaruh Brand Image dan Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Warunk Dakora Bandung Tahun 2017. e-Proceeding of Applied Science : Vol.4, No.1

Ruhamak, M. D., & Rahmadi, A. N. 2019. Pengaruh E-WOM, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Kasus Pada Lembaga Kursus Fajar English

Course Pare Kediri). Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam : Vol 7 No 2

Rufaidah, T.G. 2021. Pengaruh Ewom, Brand Image, dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian VOD Netflix. Jurnal Ilmiah Indonesia : Vol 6 No 11

Tjiptono, Fandy. 2013. Strategi Pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i1.7744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats