Analisa Komparasi Mental Berwirausaha Mahasiswa Kegiatan Mbkm Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Jember

Yohanes Gunawan Wibowo, Ahmad Izzuddin, Jekti Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan mengenai mental berwirausaha mahasiswa yang telah mengikuti program MBKM kewirausahaan dan mental berwirausaha mahasiswa manajemen Angkatan 2020 yang mengikuti matakuliah kewirauhsaan di kelas. Dengan jumlah sampel 80 responden yang terbagi 40 responden mahasiswa MBKM dan 40 responden mahasiswa yang mengikuti kuliah kewriausahaan. Penelitian menggunakan alat analsiss uji beda Mann-Whitney Test dengan  hasil bahwa terdapat perbedaan mental berwirausaha antara mahasiswa yang mengikuti Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bidang wirausaha dengan mahasiswa yang menempuh mata kuliah kewirausahaan kelas berdasarkan nilai Asymp Sig sebesar 0,000 atau lebih kecil dari nilai alpha 5%. berdasarkan tabel Ranks didapatkan nilai mean rank untuk MBKM sebesar 51 dan materi kuliah kewirausahaan sebesar 30,sehingga diketahui metal berwirausaha mahasiwa MBKM wirausaha lebih baik dibandingankan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah kewirausahaan di kelas.


Keywords


Mental Berwirausaha, MBKM, Mata Kuliah Kewirausahaan

References


Fadiati, Ari. (2011). Menjadi Wirausaha Sukses. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hidayatullah, Nurchotim Lukman. (2012). Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. (Online). (lib.unnes.ac.id/18535/1/5301406030.pdf, diunduh 24 Januari 2016)

Mardiyah, Khusna. (2012). Studi Komparasi Kualitas Pelayanan Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rembang dan Madrasah Aliyah Negeri Rembang. (Online). (http://eprints.undip.ac.id/41777/3/ BAB_III_METODE _PENELITIAN_EDIT2.pdf, diunduh 21 April 2016).

Mubin, Falihul. (2014). Fakto-Faktor Yang Mmempengaruhi Minat Wirausaha Mahasiswa. (Online). (http://digilib.uinsby.ac.id/349/, diunduh 08 Agustus 2016)

Priyono, Soerata. (2005). Kiat Sukses Wirausaha. Jakarta: Palem.

Sukri, Muhammad. (2011). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak. Skripsi Sarjana Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Sujarweni, Wiratna. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Indika, Deru R. Dan Jovita, Cindy (2017) Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan. ISSN 2580 - 4928 .Volume 01, Nomor 01, Juni 2017

JP.Morgan (2019). Improving Digital Skills for Small and Micro Businesses. God Things Foundation.UK

Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016). Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing .

Kasmir, 2006, Kewirausahaan, PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Lnakshear,C & Coiro,J.Knobel (2008). Handbook of Research on new Literacy. New York/London: Routldge.

Martin, A. (2006). Literacies for the digital age: preview of part 1. InMartin, A.,& Madigan, D.,(Ed.). Digital literacies learning.(h. 3-25). London: Facet Publishing

Mayes, T., and Fowler, C., “Learners,.2006. Learning Literacy and The Pedagogy of E-learning”, Digital Literacies for Learning, London: Facet Publ.

Purwana ES, Dedi., dkk (2017) Pemanfaatan Digital Marketingbagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm)Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) E-ISSN: 2580-4332

Riel, J., Christian, S., & Hinson, B. (2012). Charting digital literacy: A framework for information technology and digital skills education in the community college.Presentado en Innovations.

Slamet, Rachmad.dkk (2016). Jurnal Manajemen Indonesia Strategi Pengembanganukm Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebasdevelopment Strategy Of Digital Start Up To Confront The Era Of Free Market. Jurnal Manajamen Indonesia. Vol.16 -No.2

UNESCO.(2017).Information Literacy.Retrieved from http://www.unesco.org/new/en/communication-and-information/access toknowledge/information-literacy/

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional. ISBN : 978-602-17225-4-1

https://www.kominfo.go.id/content/detail/9514/umkm-go-online-upaya-wujudkan-visi-digital-energy-of-asia/0/berita_satker

https://www./2020/07/02/ekonomi-digital-semakin-jadi-tonggak-perekonomian/




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i2.7713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats