Strategi Pemasaran dalam Perspektif Islam

Dessy Kartika Yudityawati, Hadiah Fitriyah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam perspektif Islam. Strategi Pemasaran terdiri dari strategi pasar dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Integrasi Konsep Pemasaran Konvensional dengan ajaran Islam memunculkan Konsep Pemasaran Syariah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan metode observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan integrasi ajaran Islam dan pemasaran konvensional, dalam mengimplementasikan strategi pemasaran yang kemudian disertai dengan karakter yang beretika sesuai prinsip pemasaran syariah dan keteladanan yang ditunjukkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai seorang marketer sejati, akan membawa pemasaran ke level yang berbeda, tidak hanya bagaimana memenuhi kebutuhan manusia di dunia melainkan juga bagaimana mencari akherat dengannya.


Keywords


Strategi Pemasaran, Pemasaran Syariah

References


Buku

Aang Kunaifi, (2016). Manajemen Pemasaran Syariah Pendekatan Human Spirit: Konsep, Etika, Strategi dan Implementasinya. Yogyakarta : Maghza Pustaka.

Abdullah, H.S. (2017). Prophetic Entrepreneurship Teladan Rasulullah dalam Perniagaan. Yogyakarta : Briliant Books.

Afiff, Faisal. Strategi Pemasaran. 2016. Bandung : CV Angkasa.

Althafurrahman, S.Pd.I. (2020). Tuntunan Berbisnis ala Rasulullah. Yogyakarta : Andalimans Books.

Huda, N., Hudori, K., Fahlevi, R., Badrussa'diyah, Mazaya, D., & Sugiarti, D. (2017). Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi. Depok : Kencana.

Jonathan, Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Kertajaya, Hermawan dan Muhammad Syakir Sula. (2006). Syari’ah Marketing, Bandung: Mizan.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta : Pearson Education Asia Pte.Ltd dan PT. Prehallindo.

Kotler, Philip dan Amstrong G (2001). Principles of Marketing Ninth Edition. USA : Prentice Hal International, Inc.

Noor, Zulki. Z. (2021). Strategi Pemasaran 5.0. Yogyakarta : Deepublish.

Jurnal/Artikel

Ali, A.M.D., dan Yusof, H. Quality and Qualitative Studies : The Case of Validity, Reliability, and Generalizability. Issues in Social and Environmental Accounting, 5(1/2) Tahun 2011.

Anwar Fathoni, Muhammad, “Konsep Pemasaran dalam Perspektif Hukum Islam”, Jurnal Hukum dan Syariah Vol. 9 No. 1 Tahun 2018.

Damanik, C. S., Tasya, A., Pranata, R., & Harefa, Y. I. (Al-Sharf Jurnal Ekonomi Islam). Analisis Strategi Bisnis Untuk Memajukan Ekonomi.

Fadilah, Nur, “Pengertian, Konsep, dan Strategi Pemasaran Syari’ah”, Salimiya Volume 1, Number 2, Juni 2020

Hashim, Nurhazirah dan Muhammad Iskandar Hamzah, 7P’s: A Literature Review of Islamic Marketing and Contemporary Marketing Mix, Procedia - Social and Behavioral Sciences 130 Tahun 2014.

Jasman dan Rini Agustin, “Strategi Pemasaran dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pedagang di Pasar Tradisional”, Khozana, Vol. 1, No. 1, Januari 2018.

Rahman, Aulia dan Deery Anzar Susanti, “Marketing dalam Perspektif Ekonomi Islam”, Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman Vol. 6 No.2 (2021).

Sahla, Hilmiatus, “Konsep Pemasaran dalam Perspektif Ekonomi Islam”, Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan Vol. 5 N0.2 Januari-Juni 2019.

Tamamuddin, “Merefleksikan Teori Pemasaran ke dalam Praktik Pemasaran Syariah”, Jurnal Syariah dan Ekonomi Islam STAIN Pekalongan Volume 12 No. 2 Tahun 2014.

https://ama.org/the-definition-of-marketing-what-is-marketing/ diakses tanggal 3 Januari 2022.

https://penerbitbukudeepublish.com/studi-pustaka/ diakses tanggal 3 Januari 2022.

https://news.detik.com/berita/d-5624524/akhlak-rasulullah-yang-mulia-patut-jadi-teladan umat-islam. diakses tanggal 4 Januari 2022.

https://ibtimes.id/alasan-michael-h-hart-jadikan-nabi-muhammad-sosok-paling-berpengaruh-di-dunia/ diakses tanggal 4 Januari 2022.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i1.7429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats