Pengaruh Employer Branding terhadap Intensi Melamar Pekerjaan di Perusahaan BUMN dengan Reputasi Perusahaan sebagai Pemediasi

Putri Sekar Purborini, Rezqi Ananda Basid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari employer branding terhadap intensi melamar pekerjaan di Perusahaan BUMN. Penulis memasukan variabel pemediasi terduga yaitu reputasi perusahaan. Studi kasus dilakukan pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Pertamina. Data diperoleh menggunakan kuesioner pada 240 sampel untuk kriteria responden mahasiswa tingkat akhir tahun 2017 dan 2018. Teknin analisis ini menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukan bahwa employer branding memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan. Reputasi perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi melamar pekerjaan. Employer branding memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi melamar pekerjaan. Employer branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi melamar pekerjaan melalui reputasi perusahaan. Sehingga untuk meningkatkan intensi melamar pekerjaan, perusahaan BUMN dapat meningkatkan employer branding yang dapat meningkatkan reputasi perusahaan.                                                     Kata kunci: Employer Branding, Intensi Melamar Pekerjaan, Reputasi perusahan

Keywords


Employer Branding, Intensi Melamar Pekerjaan, Reputasi Perusahaan

References


Ambler, T. &. (1996). TheEmployer Branding . Journal of Brand Management 4.

Berthon, P. M. (2005). Captivating company : Dimensions of attractiveness in employer branding. International Journal of Advertising, 24, 219-229.

bps.go.id. (2021, 01 21). Retrieved from Hasil Sensus Penduduk 2020: https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020.html

BUMN.go.id. (2020, 06 09). Erick Thohir Terus Efisiensi BUMN: https://bumn.go.id/media/press-conference/erick-thohir-terus-efisiensi-bumn-uu

Collins, C. a. (2002). The Relationship Between Early Recruitment Related Activities and the Application Decisions of New Labor Market Entrants. Journal of Applied Psychology Vol. 87 No.6 , 1121-1133.

Dolphin, R. (2004). Corporate Reputation A Value Creating Strategy . Corporate Governanance International Journal of Business in Society , 77-92.

ekon.go.id. (2021, Jul 16). Retrieved from Partisipasi Generasi Milenial dalam Era Digital untuk Menjawab Tantangan Ekonomi Masa Depan: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3154/partisipasi-generasi-milenial-dalam-era-digital-untuk-menjawab-tantangan-ekonomi-masa-depan

Fauziyah, A. (2019, Februari 26). digination.id. Retrieved from Gen Z Paling Minat Kerja di Perusahaan Teknologi: https://www.digination.id/read/014038/gen-z-paling-minat-kerja-di-perusahaan-teknologi

Fenti Erlinda, R. S. (2020). The Relationship Between Employer Branding, Corporate Reputation, and Recruitment Web On Intention to Apply. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan Vol 7 No 8, 1572-1582.

Ferizal, I. (2016). Journey to be Employer of Choice. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gomes, D. &. (2011). Organizational attractivness and prospective applicants inttentions to apply . Emerald Group Publishing Limited, 40, 684-699.

Gatewood, R. D. (1993). Corporate image, recruitment image, and initial job choice decisions. Academy of Management Journal. 36, 414-427.

Highhouse, S. &. (2013). Measuring attraction to organizations . Educational and Psychological Measurement, 63.

Kumparan NEWS. (2020, Agustus 18). kumparan.com. Retrieved from Survei: Kantor Kekinian Tak Jadi Pertimbangan Pencari Kerja Saat Pandemi: https://kumparan.com/kumparannews/survei-kantor-kekinian-tak-jadi-pertimbangan-pencari-kerja-saat-pandemi-1u1dwfHvEct

Lewis, S. (2001). Measuring Corporate Repuatation. Corporate Communication : An International Journal 6 (1), 115-121.

Lloyd, S. (2002). Branding From the Inside Out . BRW, Vol 24,64, 64.

Liberty Jemendu. (2021). OJK: Jumlah Startup Capai 2.100 Buah: https://www.suara.com/tekno/2021/10/11/163919/ojk-jumlah-startup-indonesia-capai-2100-buah

Ratnasari, D. (2013). Studi tenStudi Tentang Proses Rekrutmen Tenaga Kerja Linmas di Badan Kesatuan Bangsa dan Linmas Kabupaten Malinau . eJurnal Pemerintahan Integratif, 1 , 75-90.

Sivertzen, A. &. (2013). Employer Branding : Employer Attractivness and The Use of Social Media. Journal of Procut and Brand Management, 22.

Sekaran, U. d. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis : Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1, Cetakan Kedua. Jakarta Selatan 12610: Salemba Empat.

Williamson, J. L. (2010). Firm Reputation, Recruitment Website and Attracting Applicants. . Journal of Human Resource Management,




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i1.7303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats