Pengaruh Budaya Islami, Kemampuan Kerja Dan Kepribadian Terhadap Kinerja Pelayanan Karyawan Pada Bank Syariah Indonesia (Cabang Malang Soekarno-Hatta Eks BRIS)

Azzam Shidqie, Guntur Kusuma Wardana

Abstract


Mergernya ketiga perbankan syariah, yaitu Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS), Bank Negara Indonesia Syariah (BNIS) dan Bank Syariah Mandiri (BSM) menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI) mengharuskan pihak perbankan membuat budaya baru. Ketiga bank harus menerapan budaya organisasi Islami yang baru disepakati dan tetapkan oleh BSI, termasuk pada BSI KC Malang Soetta (Soekarno Hatta). BSI KC Malang Soetta mempunyai karyawan dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Adapun karyawan di BSI  KC Malang Soetta juga mempunya karakteristik yang berbeda beda, sehingga setiap karwayawan mempunyai kemampuan kerja dan kepribadian yang berbeda-beda dalam memberikan pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh budaya Islami, kemampuan kerja dan kepribadian terhadap kinerja pelayanan karyawan pada BSI KC Malang Soetta secara parsial maupun simultan. Populasi yang digunakan adalah masyarakat Kota Malang yang mempunyai UMKM dan tercatat sebagai nasabah selama 6 Bulan di BSI KC Malang Soetta. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 80 responden.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Budaya Islami (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pelayanan karyawan (Y), (2) Kemampuan kerja (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pelayanan karyawan (Y), (3) Kepribadian (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pelayanan karyawan (Y), Budaya Islami (X1), kemampuan kerja (X2) dan kepribadian (X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pelayanan karyawan pada BSI KC Malang Soetta.

Keywords


Budaya Islami; Kemampuan Kerja; Kepribadian; Kinerja Pelayanan

References


Abela, N. R. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Islam, Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Dosen Di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. thesis Fakultas Ekonomi.

Handayani, S. (2006). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan Kerja Terhadap. Tesis Jember: Program Magister Manajemen Universitas Jember.

Hoque, Nazamul, Mohammad Aktaruzzaman Khan, and Md Masrurul Mowla. 2013. “Organisational Culture: Features and Framework from Islamic Perspective.” Humanomics 29(3): 202–19

Iskandar Mirza. 2015. “Pengaruh Kemampuan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Kinerja Pegawai Pada Badan Ketahanan Pangan Dan Penyuluhan Provinsi Kalimantan Barat.” Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME) 3(4): 68. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmdb/article/view/9921/9707%0Ahttps://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmdb/article/view/9921.

Isvandiari, A. (2014). pengaruh kepribadian dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan dinas luar asuransi jiwa bersama bumi putera 1912 cabang dieng malang. STIE Asia Malang.

Kristanto, Harris. 2015. “Keadilan Organisasional, Komitmen Organisasional, Dan Kinerja Karyawan.” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship) 17(1): 86–98.

Mangkunegara, A. P. (2005). Evaluasi Kerja Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mkoji, Davis, and Damary Sikalieh. 2012. “The Influence of Personality Dimensions on Organizational Performance.” International Journal of Humanities and Social Science 2(17): 184–94.

Nadipah, A. 2016. “Analisis Pengaruh Etos Kerja Islam, Motivasi Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah Di Kota Salatiga Dan ….” http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/963

Purnama, Chamdan. 2017. “Islamic Culture Impact of Increasing Satisfaction and Performance of Employees: Study of Educational Institutions Sabillilah Sampang.” Asian Economic and Financial Review 7(5): 528–40.

Rianto, M. N. (2011). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah . Bandung: Alfabeta.

Robbins, S. P. (2008). Perilaku Organisasi. jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Rosenzwing, k. d. (2003). organisasi dan manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sari, D. M. (2016). Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi kasus pada Bank Tabungan Negara Syariah). skripsi. salatiga: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam IAIN Salatiga.

Sinuhaji, E. (2014). Pengaruh Kepribadian, Kemampuan Kerja dan Motivasi kerja terhadap Kinerja SDM Outsourcing pada PT. Catur Karya Sentosa Medan. STIM Sukma Medan.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Sulastri. 2015. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang).” skripsi. UIN mulana Malik Ibrahim Malang.

Sutomo, N. M. (2016). pengaruh kepribadian dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan . jurnal universitas stikubank semarang.

Wibowo. (2010). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Yuliani, Endah, and Rifky Ardhana Kisno. 2020. “Budaya Kerja Islami Di Bri Syari’Ah Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan.” J-MACC : Journal of Management and Accounting 3(2): 31–40.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i1.7226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats