ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK ORIFLAME PADA MAHASISWI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

Fira Dinan, M. Naely Azhad, Feti Fatimah

Abstract


Faktor sosial, pribadi, harga produk dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik oriflame pada mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jember.. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi manajemen yang sudah pernah membeli produk kosmetik Oriflame dan sudah menjadi member Oriflame. Penelitian ini menggunakan data pimer  berupa kuisioner yang disebarkan. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden dengan menggunakan penelitian purposive random sampling. Hasil dari data kuisioner dianalisis dengan menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Linier Berganda dan uji hipotesis (uji f dan uji t) dengan taraf signifikan α = 5% dengan menggunakan SPSS versi 21. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor sosial, pribadi, harga produk, dan kualitas produk  berpengaruh signifikan secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Oriflame. Hasil analisis statistik uji t diperoleh faktor sosial  (X1) dengan nilai signifikan 0.000 pribadi (X2) nilai signifikan 0.000, harga produk (X3) nilai signifikan 0.000, dan kualitas produk (X4) nilai signifikan 0.000. Penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v2i1.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats