Perilaku Masyarakat Serta Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Kecemasan Melalui Manajemen Stress di Era New Normal

Aryo Wibisono, Nurdody Zakki, Dewi Febriyanti

Abstract


Sekitar 1,5 tahun Indonesia mengalami wabah virus yang sangat mengkhawatirkan yaitu adanya virus corona atau biasa disebut sebagai covid 19. Virus ini sudah membuat kecemasan bagi seluruh masyarakat Indonesia, sehingga hampir di semua sektor sempat terhenti dengan adanya virus ini seperti dalam aspek perekonomian dan pendidikan ini sangat terdampak dengan adanya virus covid – 19, dimana dalam dunia pendidikan yang awal mulanya diadakan secara tatap muka, lalu diubah dengan secara daring / online dan juga untuk perekonomian juga sempat berhenti dengan adanya peraturan PPKM yang membatasi ruang gerak dari perekonomian. Oleh karena itu dengan adanya pandemi ini, peneliti ingin melakukan penelitian tentang bagaimana hubungan perilaku masyarakat, kecerdasan emosional terhadap tingkat kecemasan melalui manajemen stress yang telah terjadi di masyarakat. Metode dalam penelitian ingin menggunakan pendekatan kuantitatif dan dalam menganalisis dibantu menggunakan software smart – PLS untuk mengolah data hasil dari kuisionernya. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pengaruh langsung yang terjadi adalah perilaku masyarakat berdampak langsung terhadap kecemasan dan untuk pengaruh tidak langsungnya kecerdasan emosional berdampak terhadap kecemasan melalui manajemen stress. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah perilaku masyarakat sangat berdampak langsung terhadap kecemasan, seperti adanya berita tentang covid – 19 yang menceritakan banyaknya kematian maka secara  langsung akan berdampak terhadap perilaku masyarakat yang mengalami kecemasan dilihat dari banyaknya masyarakat yang langsung membeli obat atau vitamin serta alat yang bisa meminimalkan tertularnya penyakit tersebut.

Keywords


Covid – 19, Perilaku Masyarakat, Kecerdasan Emosional, Manajemen Stress, Kecemasan

References


Aristawati, A. R., Pratitis, N., Putri, A., & Amirudin, K. (2020). Manajemen Stres Untuk Menurunkan Kecemasan Saat Pandemi COVID-19. SEMINAR NASIONAL KONSORSIUM UNTAG SE INDONESIA, 2(1).

Gumantan, A., Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Tingkat Kecemasan Seseorang Terhadap PEmberlakuan New Normal dan Pengetahuan Terhadap Imunitas Tubuh. Sport Science And Education Journal, 1(2).

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., & Tatham, R. L. (2006). Multivariate data analysis 6th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Hijriyati, N. (2021). Hubungan kecerdasan emosi dan dukungan sosial dengan kecemasan pada pekerja dalam menghadapi pandemi covid-19. Uin Sunan Ampel Surabaya.

Koolhaas, J. M., Bartolomucci, A., Buwalda, B., de Boer, S. F., Flügge, G., Korte, S. M., Meerlo, P., Murison, R., Olivier, B., & Palanza, P. (2011). Stress revisited: a critical evaluation of the stress concept. Neuroscience & Biobehavioral Reviews, 35(5), 1291–1301.

Mursandi, D. A., & Maulita, M. (2021). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT STRESS MAHASISWA DIMASA PANDEMIC COVID-19. Jurnal Maritim, 11(1), 66–69.

Özdin, S., & Bayrak Özdin, Ş. (2020). Levels and predictors of anxiety, depression and health anxiety during COVID-19 pandemic in Turkish society: The importance of gender. International Journal of Social Psychiatry, 66(5), 504–511.

Persich, M. R., Smith, R., Cloonan, S. A., Woods‐Lubbert, R., Strong, M., & Killgore, W. D. S. (2021). Emotional intelligence training as a protective factor for mental health during the COVID‐19 pandemic. Depression and Anxiety, 38(10), 1018–1025.

Puspita, I. M. (2021). GAMBARAN KECEMASAN DAN KEPATUHAN REMAJA PUTRI TERHADAP KEBIASAAN BARU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SURABAYA. JOMIS (Journal of Midwifery Science), 5(1), 52–61.

Sari, P., Bulantika, S. Z., Utami, F. P., & Kholidin, F. I. (2020). Pengaruh Manajemen Stress dan Kelola Emosi Terhadap Tingkat Kecemasan Siswa di Masa New Normal. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 2(2), 62–67.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v7i2.5882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats