Pengaruh Iklan Gojek Versi J3K, Protokol Kesehatan, Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Konsumen Memilih GoJek Pada Masa Pamdemi Covid-19 Di Kota Mataram

I Gusti Ayu Oka Netrawati, Asri Oktiani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisisiklan Gojek dan protokol Kesehatan serta kepercayaan konsumen terhadap keputusan konsumen.Pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner pada 100 responden melalui google form. Sumber data adalah sumber data primer dari sampel yaitu pelanggan yang menggunakan jasa ojek saat pandemi covid-19, Penelitian menggunakan SPSS 23 menggunakan analisis regresi linear berganda.

Dari hasil analisis data yang telah dilakukan didapat nilai beta yang menunjukan masing-masing variabel menunjukkan pengaruh signifikan, variabel Iklan Gojek Versi J3K adalah variabel yang dominan pengaruhnya berpengaruh dibuktikan dengan nilai beta terbesar yaitu 0.940. Variabel independent berpengaruh dominan terhadap variabel dependen secara simultan jika dilihat dari angka f hitung yang sebesar 51,141 dengan signifikansi 0,000. Sedangkan dengan melihat koefisien determinasi yaitu 0.900 yang menunjukkan bahwa dalam penelitian ini Keputusan konsumen bisa dijelaskan oleh ketiga variabel yaitu iklan Versi J3K, protokol Kesehatan dan Kepercayaan Konsumen sebanyak 90% dan 10% dijabarkan dengan variabel lain diluar variabel

 


Keywords


iklan; protokol Kesehatan; kepercayaan; keputusan konsumen

References


Anggraeni, shasa B. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DRIVER GO-JEK TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAAN LAYANAN GO-FOOD. e-Proceeding of Management, 7(2), 6585.

Aqua. (2021, September 16). Mengenal Protokol Kesehatan 5M Selama Beraktivitas Di Luar Rumah. sehatqua. https://www.sehataqua.co.id/mengenal-protokol-kesehatan-5m-selama-beraktivitas-di-luar-rumah/

biofarma. (2021, June 15). Kenali Virus Covid-19 [Biofarma.co.id]. kenali virus Covid-19. https://www.biofarma.co.id/id/berita-terbaru/detail/kenali-virus-covid19

Gojek. (2021, April 2). J3K cara hidup aman pakai Gojek [Gojek]. J3K cara hidup aman pakai Gojek. https://www.Gojek.com/j3k/

Kottler, Amstrong, kottler, gary. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed., Vol. 1). Elangga.

Lestari, P. F. (2019). ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA JASA TRANSPORTASI GOJEK ONLINE DI YOGYAKARTA [Universitas MErcubuana]. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/4511/

Lupiyoadi, Hamdani, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.

Mardiah, F. (2020, September 7). Apakah yang Dimaksud Protokol Kesehatan COVID-19? tirto.id. https://tirto.id/apakah-yang-dimaksud-protokol-kesehatan-covid-19-f3W3

nurhalim, andreas D. (2021). PERAN IKLAN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN. Universitas Teuku Umar Meulaboh, 7(1), 12–26.

Ramadayani, rani. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Efektivitas Iklan Situs Jual-Beli Online Bukalapak Terhadap Keputusan Pembelian. Mandalanusra, 1(2), 206–213. http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v1i2.772

Simamora, B. (2005). Analisis Multivariat Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). perilaku Konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Ghalia Indonesia.

supriadi, A. S. (2021). PENGARUH IKLAN TV COVID-19 DAN STRATEGI PROTOKOL KESEHATAN DI GERAI TRANSMART TERHADAP MINAT DAN KEPUTUSAN KONSUMEN BERBELANJA [UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/ 123456789/55909

swasta & handoko, basu, t hani. (2014). Manajemen pemasaran. BPFE.

Tjiptono, F. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Andi Yogjakarta.

Wikipedia. (2021, January 11). Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di Indonesia [Wikipedia]. Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di Indonesia. https://id.wikipedia.org/wiki/Pemberlakuan_pembatasan_kegiatan_masyarakat_di_Indonesia




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v7i2.5723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats