Implementasi Blue Ocean Strategy Pada UMKM Rezti’s Batik Di Desa Tegalsari Kabupaten Jember

Arum Puspita Murti, Trias Setyowati, Ira Puspitadewi Samsuryaningrum

Abstract


Rezti’s Batik merupakan salah satu industri pembuatan batik yang berada di desa Tegalsari Kabupaten Jember. Adanya tingkat persaingan yang tinggi karena semakin banyak industri yang sama bermunculan maka Rezti’s Batik dituntut untuk membuat rancangan strategi yang memberikan nilai lebih pada konsumen. Maka dari itu penelitian ini diperlukan guna mengetahui strategi apa yang tepat diterapkan. Dalam penelitian ini, Blue Ocean Strategy digunakan sebagai metode untuk merancang sebuah strategi yang berfokus menciptakan ruang pasar baru melalui proses dengan alat analisis kanvas strategi dan kerangka kerja empat langkah. Kanvas strategi digunakan untuk mengetahui posisi perusahaan terhadap pesaing didalam ruang pasar. Sedangkan kerangka kerja empat langkah berfungsi merekontruksi atribut-atribut nilai pembeli dalam membuat kurva nilai baru. Dari pembahasan yang telah dilakukan maka strategi yang perlu diterapkan Rezti’s Batik adalah stetrategi meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan dengan selalu melakukan inovasi pada motif batik kemudian meningkatkan promosi sosial media dengan menambah pekerja yang ahli dibidang teknologi sehingga promosi bisa berjalan maksimal. Selain itu juga perlu mengurangi harga yang sedikit lebih mahal dari pesaing sejenins, batas waktu penyelesaian pembuatan batik dan kelengkapan peralatan. Kemudian menambah pekerja sebagai reseller atau pengecer diluar kota sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas  lagi .


Keywords


Blue Ocean Strategy (BOS), Kanvas Strategi, Kerangka Kerja Empat Langkah

References


Agantha, Mukhlis Yagi. 2016. “Pengembangan Usaha Melalui Blue Ocean Strategy (Bos) Di Home Industry Liya.”

Hermanto. 2011. “Implementation Blue Ocean Strategy (Strategi Samudra Biru) At Group Wings.” Jurnal Ilmiah Faktor Exacta 4(2): 1–11.

Ikhwan, Rizky. 2018. “Analisis Perancangan Strategi Dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy Untuk Meningkatkan Penjualan Dalam Persaingan Bisnis (Studi Kasus Di Kedai Kopi Nongkring).” : 94.https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/6321/Rizky ikhwan 10522190.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

Kosasih, Kho Michael Christian, and Ratih Indiyani. 2014. “Perumusan Blue Ocean Strategy Sebagai Strategi.” Agrora 2(1): 1–9.

Putri, Maharani Andika, Budi Santoso, Haris Hermawan, and Blue Ocean Strategy. 2018. “Penerapan Blue Ocean Strategy Untuk Pengembangan Usaha Pada Nula Abadi Application of Blue Ocean Strategy for Business Development in Nula Abadi.”

Ratnasari, R., S. Kumadji, and E. Yulianto. 2016. “PENERAPAN BLUE OCEAN STRATEGY (BOS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada Waroeng Steak And Shake Cabang Jl. Kawi Bawah 18 Malang).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 30(1): 103–8.

Sari, Laras Mutiara, A. Harits Nu’man, and Aswardi Nasution. 2018. “Strategi Pengembangan Usaha Dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy Pada Usaha Kecil Menengah ( UKM ) Mr . Koelit.” Prosiding Teknik Industri 4(2): 560–65.

Kim, W. Chan, W, & Mourbugne R 2005. Blue Ocean strategy.

Satrio Wahono, Penerjeman; Jakarta: Serambi. Terjemahan dari: Blue Ocean Strategy

Kim, W. Chan, W, & Mourbugne. Renee 2014. Blue Ocean Strategy. Edisi Ketiga. Jakarta. PT. Serambi Ilmu Semesta.

Hunger, J. D., & Wheelen, T. L. (2001). Manajemen strategis (Julianto Agung, Trans). Yogyakarta: Andi.

David, F. R. 2009. Strategic Management (12th ad). New Jersey : Person Education,Inc

Sekaran, U. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis Edisi 4 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

www.bps.go.id/pressrelease/2019/02/06/1619/ekonomi-indonesia-2018-tumbuh-5-17-persen.html (Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan IV-2018) di akses 23 september 2019

www.ukmindonesia.id/baca-artikel/62 (diakses 24 September 2019)




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i1.5046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats