KAJIAN IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY (LOYALITAS MAHASISWA) (Kasus pada Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember)

Anwar Anwar

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan   menguji signifikan relationship marketing inputs yang mencakup understanding customer expectation, building service partnership, total quality management, dan empowering employees terhadap customer loyalty (loyalitas mahasiswa). Pada penelitian ini mengambil sampel 100 mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember. Teknik sampling yang digunakan adalah Accidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Berdasarkan analisis data diperoleh informasi sebagai berikut:   analisis regresi berganda, diperoleh hasil bahwa secara serentak understanding customer expectation, building service partnership, total quality management, dan empowering employees berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty (loyalitas mahasiswa). Sedangkan secara parsial understanding customer expectation, building service partnership, total quality management dan empowering employees berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty (loyalitas mahasiswa).

Full Text:

PDF

References


Chan, Syafruddin, 2003, Relationship Marketing : Inovasi Pemasaran Yang Membuat Pelanggan Bertekuk Lutut, Gramedia, Jakarta.

Ghozali Imam, 2013,Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS.

Haruna, S, 1997, “The Implementation of Relationship Proses By Bauraq : The Customer’s Perspective”, Kelola Gadjah Mada University Business Review, Vol. 15 hal .24-37.

Tjiptono, F. 1997, Manajemen Pemasaran Jasa, Yogyakarta : Andi Offset.

Tjiptono, F, 1997, Prinsip-prinsip Total Quality Service, edisi pertama, Andi Offset, Yogyakarta

Wibowo, S., 2006, “Implementasi Releationship Marketing Pada Industri Hospitality”, Utilitas, Vol 14 No 2, Juni, Hal 178-196.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.