Pengaruh Online Procrastination, Product Feature, Dan Social Influence Pada Purchase Intention Di Marketplace Shoppee

Wenti Krisnawati

Abstract


Pengguna internet di Indonesia tercatat mengalami peningkatan di tahun 2019. Berdasarkan hasil studi Polling Indonesia yang bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia tumbuh 10,12 persen. Menurut Sekjen APJII, Henri Kasyfi, survei ini melibatkan 5.900 sampel dengan margin of error 1,28 persen. E-commerce di Indonesia makin ketat. Kondisi itu seiring dengan pesatnya laju perkembangan teknologi, khususnya gawai (smartphone). Tujuan yang hendak penulis capai dengan melakukan penelitian ini, adalah untuk mengetahui apakah online Procrastinaion, Social Influence dan Product Feature berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen pada toko online Shopee. pendekatan Penelitian difokuskan  pada pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik, sampel 100 orang yaitu fakultas Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan kuesioner.teknik analisis menggunakan regresi linear berganda dengan perangkat SPSS. Hasil menunjukkan bahwa Online Procrastination,Product Feature,social Influence berpengaruh positif dan siginifikan terhadap Purchase Intention. Kebiasaan menunda pekerjaan dan beralih pada internet serta didukung fitur produk dan  pengaruh sosial sangat membuat para konusmen tertarik melakukan pembelian online di shopee. Implikasi penelitian Online procrastiantion, Product feature, Social Influence memberikan manfaat besar terhadap toko online dalam menarik konsumen memutuskan pembelian di toko online tersebut.  Batasan dan penelitian selanjutnya Pada penelitian ini variabel online procrastination akan terlihat lebih jelas hasil yang lebih luas dengan menambahkan variabel Flow Experience sebagai variabel intervening. Namun dalam penelitian ini hanya terdapat variabel dependen dan independen.

Keywords


perilakperilaku konsumen, keputusan pembelian, e- commerceu konsumen, keputusan pembelian, e- commerce

References


Garg, N., Wansink, B., & Inman, J. J. (2007). The influence of incidental affect on consumers’ food intake. Journal of Marketing, 71(1), 194– 206.

Hoyer, Wayne D., andMacinnis, Deborah J,(2010), Consumer Behavior, Fifth Edition, Cengage Learning, South-Western.

https://www.kominfo.go.id/content/detail/6441

Korzaan, M. L. (2003). Going with the flow: predicting online purchase intentions. Journal of Computer Information Systems, 43(4), 25–31.

Kotler, Phillip dan Keller, Kevin Lane (2015), Manajemen Pemasaran, edisi ketiga belas, jilid 1, Erlangga Surabaya

Lavoie, J. A. A., & Pychyl, T. A. (2001). Cyberslacking and the procras- tination superhighway. Social Science Computer Review, 19(4), 431–444.

Shabnam H. A. Zanjani (2015) Procrastinators’ online experience and purchase behavior 0458-1

Silver, M., & Sabini, J. (1981). Procrastinating. Journal for the Theory of Social Behaviour, 11(2), 207–221.

Sugiyono, (2012), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alvabeta CV, Bandung.

Thatcher, A., Wretschko, G., & Fridjhon, P. (2008). Online flow experi- ences, problematic internet use and internet procrastination. Computers in Human Behavior, 24(5), 2236–2254

Wayne D. Hoyer, Deborah J. MacInnis consumr behaviour 2010




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v6i2.4087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats