Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Return On Assets (ROA) Bank Syariah Setelah Spin-Off (Periode 2008-2018)

Ahmad Baihaqi Esaputra

Abstract


Spin-off merupakan sebuah kebijakan yang diterbitkan dengan tujuan untuk meningkatkan efektifitas bank syariah, serta dinilai mampu meningkatkan ketaatan bank syariah dalam menjalankan prinsip-prinsip syariah. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang mempengaruhi profitabilitas bank syariah setelah spin-off. indikator yang digunakan untuk menilai profitabilitas adalah rasio pengembalian terhadap asset (return on asset). Metode penelitian yang digunakan adalah regresi data panel dengan Common Effect Model. Untuk sampel yang digunakan adalah Bank Umum Syariah yang telah melakukan spin-off lebih dari 5 tahun di tahun 2018. Diketahui hasil penelitian menunjukkan bahwa spin-off tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas bank syariah. adapun variabel yang berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas adalah Beban Operasional atas Pendapatan Operasional (BOPO) dan Non Performing Finance (NPF). Dari hasil tersebut diketahui bahwa untuk melakukan spin-off. Unit-unit Usaha Syariah harus mempertimbankan juga aspek-aspek lain agar tidak terjadi penurunan efektifitas dan efisiensi bank syariah.


Keywords


spin-off, bank syariah, profitabilitas.

References


Al Arif, Nur, Haribowo, Ismawati, Suherlan, Ade. 2018. “Spin-off policy and efficiency in the Indonesian Islamic banking industry”. Banks and Bank Systems

Al Arif, Nur. 2018. “Does the spin-off policy can accelerate the deposit funds in the Indonesian Islamic banking industry?”. Journal of Business and Retail Management Research (JBRMR).

Al-Arif, Nur, Dewanti, Endah. 2017. “Metode Spin-Off dan Tingkat Profitabilitas: Studi pada Bank Umum Syariah Hasil Spin-Off”. IQTISHADIA, Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam.

Al-Arif, Nur, Mufraini, Arief, Prabowo, Agung. 2019. “Market Structure, Spin-Off, and Efficiency: Evidence from Indonesian Islamic Banking Industry”. Emerging Markets Finance and Trade.

Al-Arif, Nur. 2017. “Spin Off and Market Share in The Indonesian Islamic Banking Industry: a Difference in Differences Analysis”. Management & Marketing. Chalenges for The Knowledge Society,

Anggraini, Rachmania, Yuliani, Umrie Rasyid. 2017. “Analisis Tingkat Kesehatan Bank Syariah Sebelum dan Sesudah Spin Off. Ekspektra, Jurnal Manajemen dan Bisnis.

Ariyani, Desi. 2010. “Analisis Pengaruh CAR, FDR, BOPO Dan NPF terhadap Profitabilitas pada Pt Bank Muamalat Indonesia Tbk”. Al-Iqtishad. Vol II. No 1.

Ascarya, Yumanita, Diana. 2008. “Comparing The Efficiency of Islamic Banks in Malaysia and Indonesia”. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan.

Asngari, Imam. 2015. “Analisis Determinan Struktur, Perilaku dan Kinerja Industri Perbankan Syariah di Indonesia”. JURNAL EKONOMI PEMBANGUNAN.

Defri. 2012. “Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Likuiditas dan Efisiensi Operasional Terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI”. Jurnal Manajemen, Vol 01. No 01.

Fredriksson, Anders. de Oliveira. Gustavo Magalhães. 2019. “Impact evaluation using Difference-in-Differences”. RAUSP Management Journal. Vol. 54 No. 4.

Hakiim, Ningsukma. Rafsanjani, Haqiqi. 2016. “Pengaruh Internal Capital Adequency Ratio (CAR), Financing to Deposit Ratio (FDR), Dan Biaya Operasional Per Pendapatan Operasional (BOPO) dalam Peningkatan Profitabilitas Industri Bank Syariah di Indonesia”. Masharif Al-Syariah. Vol. I. No.1

Nasuha, Amalia. 2012. “Dampak Kebijakan Spin-Off Terhadap Kinerja Bank Syariah”. Al-Iqtishad. Vol IV. No. 2.

Pambuko, Zulfikar Bagus. 2019. “Kebijakan Spin-Off dan Efisiensi Perbankan Syariah di Indonesia”. IHTIFAZ, Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking. Vol I. No.2

Wibowo. Satriyo Edhi. Syaichu, Muhammad. 2013. “Analisis Pengaruh Suku Bunga, INFLASI, CAR, BOPO, NPF terhadap Profitabilitas Bank Syariah”. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT. Vol II. No 2.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v6i2.4082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats