Identifikasi Profil Konsumen KITA (Wisata Keliling Indonesia) Dengan Metode Peta Empati

Widya Ayu Prabasari, Kristina Sisilia

Abstract


Perkembangan dunia pariwisata di era digital ini mengalami lonjakan yang sangat besar. Saat ini juga kemampuan ekonomi masyarakat Indonesia terus mengalami pertumbuhan juga mendorong kebutuhan akan melakukan wisata. Oleh karenanya, tidak mengherankan apabila bermunculan sejumlah startup di sektor pariwisata di Indonesia, yang menyediakan aneka bentuk paket perjalanan atau paket travel sehingga memudahkan konsumen untuk melakukan perjalanan wisatanya. Penelitian ini memfokuskan kepada konsumennya dimana ingin mengetahui apa yang benar-benar dibutuhkan, diinginkan, dan dipikirkan oleh konsumen. Untuk mendefinisikan profil konsumen sendiri ada banyak tools, namun pada penelitian ini menggunakan tools Peta Empati. Metode yang digunakan oleh penelitian ini yaitu dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data yaitu dengan metode wawancara yang menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa profil konsumen dari KITA (Keliling Wisata Indonesia) yaitu ketertarikan akan harga yang murah maupun promo, dapat menghasilkan poin-poin dimana poin tersebut dapat ditukarkan oleh kupon, layanan dan kualitas yang bagus, serta fasilitas yang lengkap pula, ingin semuanya serba praktis dan tidak ribet, dan juga fitur-fitur yang lengkap hanya dalam satu aplikasi yang mana gabungan atau kombinasi dari semua aplikasi di bidang pariwisata yang sudah ada.

Keywords


profil konsumen, peta empati, aplikasi bidang pariwisata

References


Aprilyani, Jane. (2017). Pro dan Kontra Kehadiran Wisata Online (Online). https://industri.kontan.co.id/news/pro-kontra-kehadiran-wisata-online [3 November 2019].

Ewing, Jamaal. (2015). The Importance of Knowing your Customer (Online). https://www.growbusiness.org/the-importance-of-knowing-your-customer/ [3 November 2019].

Hawkins, D. I., Mothersbaugh, D. L., & Best, R. J. (2013). Consumer behavior: Building Marketing Strategy. McGraw-Hill Irwin.

Komariah Aan, Djam’an Satori. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, Jilid Satu. Bandung: Penerbit Erlangga.

Maulana, Rizqi. (2017). Kumpulan Startup Penyedia Paket Travel di Indonesia (Online). https://id.techinasia.com/kumpulan-startup-travel-di-indonesia [3 November 2019].

Nadzir, Muhammad Miftahun. (2016). Analisis Usaha Event Organizer MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) melalui Kanvas Model Bisnis dan Peta Empati: Studi Kasus Event Organizer di Yogyakarta dan Surakarta. Vol. 7, No. 2, September 2016.

Nasution, S. (2011). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Osterwarder, Alex, Yves Pigneur, Greg Bernarda, Alan Smith. (2014). Value Proposition Design. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc., Hoboken.

Osterwarder, Alexander, Yves Pigneur. (2010). Business Model Generation. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc., Hoboken.

Panca, Anang. (2017). Semua tentang Open Trip: Kelebihan, Kekurangan, dan Biaya (Online). https://penginapan.net/semua-tentang-open-trip-kelebihan-kekurangan-dan-biaya/ [3 November 2019].

Ramldjal, Masrura. (2018). Desa Wisata dan Pendekatan Ecotourism + Community based Tourism (Online). https://www.kompasiana.com/masrura/5bf337ae43322f231d185b93/desa-wisata-pendekatan-pengembangan-berbasis-partisipasi-community-based-tourism?page=all [3 November 2019].

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susetyo, Budi. (2010). Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Subdirektorat Statistik Pariwisata. (2018). Statistik Wisatawan Nusantara 2018. Jakarta: BPS RI.

Setiadi, Nugroho J. (2008). Perilaku Konsumen: Konsep dan Impilikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Tim PPM Manajemen. (2012). Business Model Canvas: Penerapan di Indonesia. Jakarta: Penerbit PPM.

Umar, Husein. (2000). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Utama, Bagus Ibnu. (2018). Analisis Model Bisnis Usaha Coffee Shop Melalui Kanvas Model Bisnis dan Peta Empati: Studi Kasus pada Coffee Shop di Malang. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 4, No. 2, Juli 2018.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v6i2.4081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats