Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen

Ahmad Izzuddin, Muhammad Muhsin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Sate Kelinci Mas Asep di Jember. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 66 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probabilty sampling, dengan metode Accidental sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan bantuan alat SPSS ver 15. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas layanan berpengaruh siginifkan terhadap kepuasan konsumen. Lokasi tidak berpengaruh signifkan terhadap kepuasan konsumen.


Keywords


kualitas produk; kualitas layanan; lokasi dan kepuasan konsumen

Full Text:

PDF

References


Anggriana, R., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online «OM-JEK» Jember. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 7(2), 137–156.

Atmanegara, S. Y., Cahyono, D., Qomariah, N., & Sanosra, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Citra Perusahaan , dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Ijen View Bondowoso. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonessia, E-ISSN : 2541-2566, 9(1), 79–89.

Assauri, Sofyan, 1993, Manajemen Produksi dan Operasi Edisi Ketiga, Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Barry, Render dan Jay Heizer. 2001. Prinsip-prinsip Manajemen Operasi :Operations Management. Jakarta : Salemba Empat

Cooper dan Kleinschimidt, 2000, “New product performance: what distinguishes the star products”, Australian Journal of Management, Vol.25 No.1.

Haryanto, Edy. 2013. “Kualitas Layanan, Fasilitas dan Harga Pengaruhnya terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Pada Kantor Samsat Manado”. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Akuntansi. Vol. 1. No. 3. September 2013. Hal. 750 –760. Universitas Sam Ratulangi Manado. Mando.

Harminingtayas, Rudika. 2012. ”Analisis Faktor Pelayanan, Fasilitas, Promosi dan Lokasi terhadap Kepuasan Penghuni Perumahan Permata Puri Ngalian Semarang”. Jurnal STIE Semarang. Vol. 4. No. 3. Edisi Oktober 2012. Hal. 1 – 8. STIE Semarang. Semarang.

Iriyanti, E., Qomariah, N., & Suharto, A. (2016). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA DEPOT MIE PANGSIT JEMBER. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 2(1).

Irawan, Handi. 2002. 10 prinsip kepuasan pelanggan, PT. Alex Media Komputindo.

Kotller, Philip, 2007, Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implemenytasi dan Pengendalian, buku 2, edisi 1, Salemba Empat, Jakarta.

Parasuraman, A.Valarie A.Z and Leonard,B, 1985. A Conceptul Model of Service Quality and Its Implication for Future Research, Journal of Marketing Research 11(17): 460-9

Prasetio, Ari. 2012. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan”. Mangement Analysis Journal 1. Hal. 1 –6. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Qomariah, N. (2008). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan dan loyalitas pelanggan:(Studi kasus pada Universitas Muhamadiyah Jember). Universitas Jember.

Qomariah, N. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. In Jurnal Aplikasi Manajemen (Libk. 10, Zenbakia 1, or. 177–187).

Qomariah, N. (2016). Marketing Adactive Strategy. Cahaya Ilmu. https://www.researchgate.net/publication/326623130_MARKETING_ADACTIVE_STRATEGY

Qomariah, N. (2018). Impact of Customer Value, Brand Image and Product Attributes to Satisfaction and Loyalty Tourism Visitors in Jember Regency. Mediterranean Journal of Social Sciences, 8(5–1), 129–135. https://doi.org/10.2478/mjss-2018-0105

Singarimbun, M dan Efendi,. 1995, Metode Penelitian Survey, Jakarta : PT. Pustaka LP3ES

Straub, Joseph and Attner, Raymond, 1994, Introduction To Business, California: Wardworth Publishing Company

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D, Bandung : Alfabeta

Tjiptono,Fandy 2010. Manajemen Jasa Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

Wariki, Grace Marleen, Lisbeth Mananeke dan Hendra Tawas. 2015. “Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado”. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi. Vol.3 No.2 Juni 2015. Hal. 1073-1085. Universitas Sam Ratulangi Manado. Mando

Wulandari, Nur, 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Kopikita Semarang). e Jurnalundip, http://ejournal s1.undip.ac.id/index.php/dbr.ISSN (Online): 2337-3792 Volume 2, Nomor 2, Tahun 2013. Diakses 31 Juli 2014. Hal. 1-9.

Yesenia dan Edward H Siregar.2014.Pengaruh Kualitas Layanan dan Produkterhadap Kepuasan serta Loyalitas PelangganKentucky Fried Chickendi Tangerang Selatan.Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol V, No3, Desember 2014.Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi danManajemenInstitut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v6i1.3536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats