Manajemen Inovasi Bernafaskan Islam Melalui Analisis SWOT Pada UMKM Kuliner

Feti Fatimah, Wenny Murtalining Tyas, Mega Anjar Widyabakti, Nurul Ma’rifah

Abstract


UMKM merupakan salah satu penentu kecepatan pergerakan ekonomi disaat ini. UMKM yang berpotensi baik pada pasar ialah UMKM kuliner. Hal ini disebabkan makanan adalah kebutuhan pokok manusia dan penunjang pada pergaulan. Jenis UMKM Kuliner yang  memiliki prospek yang cukup menjanjikan dan menguntungkan adalah 1) UMKM kuliner makanan ringan, 2) UMKM Kuliner usaha minuman, 3) UMKM kuliner warung tenda, 4) UMKM Kuliner Rumah Makan, 5) UMKM Kuliner bisnis katering. UMKM kuliner saat ini berkembang pesat terutama di daerah kampus Kabupaten Jember tepatnya di Kecamatan Sumbersari. Di daerah kampus ada beberapa Perguruan Tinggi sehingga banyak terdapat mahasiswa baik yang dari Jember atau luar Jember. Namun, banyak UMKM kuliner yang tidak mampu bertahan lama dan tutup ini membuktikan bahwa dalam menjual produk tidak hanya membutuhkan harga yang bersaing. Tetapi perlu juga manajemen inovasi. Kegiatan ini bertujuan membuat manajemen inovasi bernafasan Islam melalui analisis SWOT yang tepat pada UMKM kuliner di wilayah kampus Kabupaten Jember. Penelitian dilaksankan secara kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis SWOT dalam menentukan manajemen inovasi yang akan diterapkan pada UMKM, yang didukung melalui mencari data dengan  tehknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu bahwa secara garis besar UMKM kuliner di wilayah kampus memiliki peluang adanya potensi pasar yang terus tumbuh dan dukungan dari pemerintah,  ancamannya adalah persaingan yang semakin ketat, kekuatannya memiliki semangat untuk terus berkarya dan berinovasi, sedangkan kelemahannya adalah terbatasnya modal. Sehingga UMKM harus terus menerapkan manajemen inovasi terutama manajemen inovasi bernafasan Islam agar bisa bertahan dan terus berkembang. Pengaplikasian manajemen inovasi bernafasan Islam pada UMKM kuliner di daerah kampus adalah dengan cara penetapan standar kualitas produk dan pelayanan, Mengembangkan kualitas produk dan pelayanan, menetapkan harga yang mampu besaing, Memanfaatkan dan memberdayakan kekuatan dan peluang, serta menerapkan sistem persaudaraan dan selalu menjaga kepercayaan dalam segala kegiatan. Sistem persaudaraan berarti menjalin hubungan baik dengan pemasok, pesaing dan pelanggan. Pemasok yang menganggap kita saudara akan memasok barang tepat waktu, kualitas terjamin dan harga bersaing.  Pesaing yang menganggap kita saudara akan melakukan persaingan secara sehat dan bersifat saling membantu. Pelanggan yang menganggap kita saudara akan bersifat loyal terhadap usaha kita. Sistem persaudaraan ini bisa berjalan terus apabila terdapat kepercayaan.

Keywords


Manajemen; Inovasi; Islam; UMKM; Kuliner; SWOT

Full Text:

PDF

References


Lestari, Inda dkk. (2019). Pengaruh Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Vol.4, No.1. Jakarta.

Iskandar, Atan dan Febriyantoro, Muhammad Trio. (2019). Peran Kinerja Inovasi Hijau Dalam Menghubungkan Permintaan Pasar, Dan Kinerja Bisnis (Studi Pada UMKM Di Kota Batam). Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis Vol. 7 No. 2, December 2019, 182 – 191. Batam.

Fatimah, F. 2018. Strategi Kreatif UMKM Kerajinan Tangan Di Era Digital Pada Wilayah Kabupaten Jember Jurnal Unmuh ember Prosiding Ekonomi Kreatif di Era Digital Vol 1, No 1. Jember.

Hadiyati, Ernani. 2011. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. Vol.13. No. 1. Maret 2011: 8-16. Surabaya.

Djodjobo, Cynthia Vanessa dan Tawas, Hendra N. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado. Jurnal EMBA. Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 1214-1224. Manado.

Juliana, I. 2019. Pengaruh Inovasi Dan Pengambilan Risiko Terhadap Perkembangan Wirausaha Muda Dalam Bidang Kuliner Di Wilayah Binong Tangerang. Jurnal Khasanah Ilmu Vol.10 No.1 Maret 2019. Tangerang.

Saddam F, Muammar dan Mahfudz. 2017. Pengaruh Modal Manusia, Modal Struktural, Modal Relasional, Terhadap Kapabilitas Inovasi Dan Efisiensi Operasional Modal Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Bisnis. Semarang.

Bismala, Lila. 2016. Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship. Vol. 5. No. 1. Medan.

Alwi, Taufik dan Handayani, Esti. 2018. Keunggulan Bersaing Ukm Yang Dipengaruhi Oleh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. Jakarta.

Fatimah, Feti. (2018). Pemetaan Pasar Dan Strategi Pemasaran Secara Islami Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Ekonomi Relasi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala Jember. Vol XV No 02 Juli 2019. Jember.

Arifianto, Endra Yuafanedi dan Choiri, Mochammad. Pemanfaatan E-Commerce Dalam Pebelajaran Manajemen Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol2 No1, Januari 2018. Malang.

Robbins, Stephen P. & Coulter, Marry. 2010. Manajemen. Jilid 1. Edisi Kesepuluh. Erlangga. Jakarta.

https://zobisnis.com. Tgl 20/12/2019. Jam 17.00.

Hatta, Iha Haryani. Analisis Pengaruh Inovasi, Pengambilan Resiko, Otonomi, Dan Reaksi Proaktif Terhadap Kapabilitas Pemasaran Ukm Kuliner Daerah Di Jabodetabek. JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN, Vol. 8, No. 2, Oktober 2014. Hal. 90-96. Jakarta.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung

Malhotra, Naresh K. 2010. Marketing Research an Applied Orientation. New Jersey; Pearson




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v6i1.3534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats