Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Tim Produksi CPU PHM

Arbain Syarif

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi dan kompetensi terhadap kinerja karyawan tim produksi di lapangan CPU Pertamina Hulu Mahakam. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data dari kuisioner dengan nilai berupa skala Likert. Kepemimpinan, budaya organisasi, dan kompetensi sebagai variabel independen dan kinerja karyawan sebagai variabel dependen. Responden pada penelitian ini berjumlah 60 personil dengan lama pengalaman kerja yang berbeda-beda. Teknik pengambilan sampel adalah dengan sampling jenuh. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa kepemimpinan, budaya organisasi dan kompetensi baik secara persial maupun bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan, dengan sumbangan efektif secara bersama-sama dari ketiga variabel sebesar R2=0,495.


Keywords


kepemimpinan, budaya organisasi; kompetensi; kinerja karyawan

Full Text:

PDF

References


Budiharjo, Rusmani dan Tjahjaningsih, Endang. 2014. Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kelurahan Dengan Mediasi Komitmen Organisasional (Studi Pada Pegawai Kelurahan Di Kota Pekalongan). Jurnal Ilmiah Telaah Manajemen. Volume 11 no.1. https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe5/article/ view/7229. diakses tanggal 14 sept 2019.

Edison, Emron, Yohny Anwar dan Imas Komariyah. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta.

Logahan, Jerry Marcellinus dan sherley Marceline Aesaria. 2014. Budaya Organisasi Dan Keterlibatan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Berdampak Pada Kinerja Karyawan Pada Btn – Ciputat. Binus Business Review. Vol 5. No 2. https://media.neliti.com/media /publications /167725 - ID- budaya- organisasi- dan- keterlibatan- kerja.pdf. Diakses 15 september 2019.

Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Simamora, Henry .2006. Manajemen Sumber Daya Manusia (Yogyakarta : STIE YKPN , 2006, Edisi Tiga) hlm 273.

Soetopo, Hendyat. 2016. Perilaku Organisasi; Teori dan Praktek Dalam Bidamg Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : ALFABETA, CV.

Susilowati, Endah dan Suhari, Yohanes. 2016. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Dimoderasi Kepemimpinan Trnsformasional (Studi Kasus Pada Guru Madrasah Aliyah di Kecamatan Winong Kabupaten Pati). Jurnal Ilmiah Telaah Manajemen. Volume 13. no.1. https://unisbank.ac.id/ojs/ index.php/fe5/article/view/7246. di akses tanggal 14 sept 2019.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v6i1.3530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats