Analisis SWOT Sebagai Model Pengembangan Obyek Agrowisata Kampung Durian

Sofia Asyriana Boru Perangin angin, Dilla Cattleyana

Abstract


 Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui potensi agrowisata Kampung Durian di desa Songgon, 2) untuk merumuskan strategi pengembangan Kampung Durian sebagai obyek agrowisata. Penelitian ini menggunakan bentuk dan strategi deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data berupa wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumen. Subjek dari penelitian ini adalah petani atau masyarakat Kampung Durian yang dapat memberikan data terkait, sedangkan objek dari penelitian ini strategi pengembangan Kampung Durian dengan menggunakan analisis SWOT yang meliputi penyusunan matriks IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan matriks EFAS (External Factor Analysis Summary) yang dilanjutkan dengan penyusunan matriks SWOT. Hasil penelitian menemukan bahwa ada beberapa aspek yang paling mempengaruhi keberhasilan pengelolaan Kampung Durian sebagai obyek agrowisata yaitu aspek Sumber Daya Manusia; aspek keuangan; aspek fasilitas, sarana, dan prasarana; karakteristik tradisi para petani. Adapun simpulan yang diperoleh adalah Kampung Durian memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan sebagai obyek agrowisata di Banyuwangi.


Keywords


agrowisata; pariwisata berbasis masyarakat; analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Gumelar S. Sastrayuda, 2010, Hand Out Mata Kuliah Concept Resort and Leisure, Strategi Pengembangan dan Pengelolaan Resort and Leisure.

I Gede Putu Nugraha, 2017, Pengembangan Agrowisata Anggur Berbasis Masyarakat Di Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng-Bali, Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, Vol. 6, Hal. 20-30.

Ireine Gratia Palit, Celcius Talumingan, 2017, Strategi Pengembangan Kawasan Agrowisata Rurukan, Jurnal Agri-SosioEkonomi Unsrat, Vol. 13, Hal. 21-34.

Lucyani Trimo, Gema Wibawa Mukti, Fauziana H, 2018, Kajian Strategi PengembanganAgrowisata Kopi Luwak (Studi Kasus Kopi Luwak Manglayang, Kampung Pondok Buah Batu-Cikawari, Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung), Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian UNPAD, Vol. 3, Hal. 525-536.

Muljadi, A.J dan Warman, H.A, 2014, Kepariwisataan dan Perjalanan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Profile Desa Songgon, data dari Pemerintahan Desa Songgon.

Rangkuti, Freddy, 2006, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, Cetakan ke-4, Gramedia, Pustaka Utama, Jakarta.

RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Banyuwangi Tahun 2016-2021.

Siagian, S.P., 2004, Manajemen Stratejik, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Undang-undang Kepariwisataan No. 10 Tahun 2009.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v5i2.2929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats