Analisis ROA , Current Ratio Dan DER Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Pembiayaan Di BEI

Bayu Wijayantini, Alfi Arif, Maheni Ika Sari

Abstract


Perubahan besar kecilnya dividen merupakan cermin dari kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba di masa-masa mendatang. Tujuan dari penelitian ini adalah menganilisis pengaruh return on asset (ROA), current ratio (CR) dan debt to equity ratio (DER) terhadap dividen payout ratio (DPR) pada perusahaan Pembiayaan yang listed di BEI. Penelitian ini menggunakan 100 data amatan 5 perusahaan sebagai sampel, dari 17 perusahaan yang listed. Dari hasil analisis data regresi dapat disimpulkan bahwa return on asset (ROA), current ratio (CR) dan debt to equity ratio (DER) berpengaruh positif terhadap dividen payout ratio (DPR).


Keywords


Return On Asset; Current Rati; Debt to Equity Ratio; Dividen Payout Ratio

Full Text:

PDF

References


Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2001). Manajemen Keuangan. Buku 1 edisi 8. Jakarta: Erlangga.

Darminto. 2008. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Modal, dan Struktur Kepemilikan Saham Terhadap Kebijakan Dividen. PROFIT Jurnal Administrasi Bisnis. 20(2)

Gumanti, T. A. (2013). Kebijakan Dividen Teori, Empiris dan Implikasi.

Lestari, A. R., Arif, A., & Wijayantini, B. (2018). Relevansi Cum-Dividend Date Dengan Perubahan Harga Saham Pada Sektor Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Balance, 15(02).

Mahaputra, G. A., & Wirawati, N. G. P. (2014). Pengaruh Faktor Keuangan dan Ukuran Perusahaan pada Dividend Payout Ratio Perusahaan Perbankan. E-Jurnal Akuntansi, 695-708.

Maisyaroh, M., Supeni, R. E., & Wijayantini, B. (2016). Analisis Struktur Modal, Kepemilikan Manajerial, Dan Aliran Kas Bebas Terhadap Dividend Payout Ratio (Pada Perusahaan Sektor Industri Makanan dan Minuman yang Listed di Bursa Efek Indonesia). JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA, 2(2).

Mardiyanto, Handono. 2009. Intisari Manajemen Keuangan. Jakarta. Grasindo

Marlina, L., & Danica, C. (2009). Analisis Pengaruh Cash Position, Debt To Equity Ratio, Dan Return On Assets Terhadap Divident Payout Ratio.

Puspita, F. (2009). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividend Payout Ratio (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2007)(Doctoral dissertation, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro).

Sartono, Agus. 2001. Manajemen Keuangan ”Teori dan Aplikasi”. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE

Swastyastu, M. W., Yuniarta, G. A., AK, S., Atmadja, A. T., & SE, A. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividend Payout Ratio yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 2(1).

Wijayantini, B. (2015). Analisis Reaksi Pasar Atas Peristiwa Pengumuman Dividen Terhadap Abnormal Return Saham Perusahaan Otomotif Di Bursa Efek Indonesia. SEGMEN-Manajemen, 11(2).

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20180122173333-78-270758/pertumbuhan-pembiayaan-16-persen-lebih-tinggi-ketimbang-bank

https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/data-dan-statistik/lembaga-pembiayaan/Pages/Statistik-Lembaga-Pembiayaan-Periode-Juni-2018.aspx

www.idx.go.id




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v5i2.2924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats