Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Kedatangan Wisatawan

Indra Masrin, Octary Khalis Akmalia

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah wisatawan Pabtai Arta. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Analisis data pada penelititan ini analisis SWOT (Strength, weakness, opportunities and threats) dan penentuan strategi pemasaran. Hasil penelitian pada matrik IFE diperoleh skor 2,8 yang berarti kondisi internal pada Pantai Arta kuat. Hal tersebut dapat disebabkan pengelola Pantai Arta menggunakan kekuatannya dengan baik. Sedangkan matrik EFE menunjukan skor 3,2 yang kondisi eksternal pada Pantai Arta sangat kuat. Dengan total skor untuk peluang sebesar 1,88 dan total skor pada ancaman sebesar 1,33 yang berarti pengelola Pantai Arta memiliki peluang yang sangat baik dan mengatasi ancaman yang ada pada Pantai Arta. Hasil perangkingan strategi berdasarkan analisis SWOT didapatkan bahwa alternative strategi pemasaran pada urutan pertama yaitu mempertahankan posisi sebagai tempat wisata yang memiliki keistimewaan-keistimewaan dan seharusnya mengikutsertakan masyarakat dalam pengembangannya.


Keywords


Pantai Arta; Strategi pemasaran; Matriks IFE; Matris EFE; Analsisi SWOT

Full Text:

PDF

References


Abiddin, Moh Zainal, Ilyas Mas’udin, and Dana Marsetiya Utama. 2017. “Pemilihan Strategi Pemasaran Dengan Metode SWOT Dan TOPSIS.” Jurnal Teknik Industri 18(1): 55. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/industri/article/view/4613.

Cahyono, Puguh. 2016. “Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Swot Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi Kecelakaan Dan Kematian Pada Pt. Prudential Cabang Lamongan.” Jurnal Manajemen 1(2): 10. http://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/28.

Fuad, M et al. 2006. Pengantar Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

HM, Rahmayati. 2015. “Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Udang Beku PT. Mustika Mina Nusa Aurora Tarakan, Kalimantan Utara.” Jurnal Galung Tropika.

Karinda, M V A, L Mananeke, and F Roring. 2018. “Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome Pt.Telkom Area Tomohon.” Pengaruh Strategi…… 1568 Jurnal EMBA 6(3): 1568–77. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/20265/19872.

Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat. 2018. Kajian Dampak Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian Indonesia. Jakarta.

Marimin. 2004. “Teknik Dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk.” Teknik dan Aplikasi.

Marlius, Doni, Rino Dwi Putra, and Elva Dona. 2018. “Strategi Pengembangan Sulam Bayang.” Jurnal Benefita 3(2): 204. http://ejournal.kopertis10.or.id/index.php/benefita/article/view/3494.

Putri, Nyimas Ekinevita, Retno Astuti, and Shyntia Atica Putri. 2014. “Perencanaan Strategi Pengembangan Restoran Menggunakan Analisis Swot Dan Metode Qspm (Quantitative Strategic Planning Matriks) (Studi Kasus Restoran Big Burger Malang) Plan.” Jurnal Industria 3(2): 93–106.

Sherlin, Intan. 2016. “Pengaruh Inovasi Produk Dan Kinerja Pemasaran Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Industri Kecil Dan Menengah Batik Kerinci).” Jurnal Benefita 1(3): 105. http://ejournal.kopertis10.or.id/index.php/benefita/article/view/724 (September 27, 2019).

Wening, Nur, Muhammad Al Hasny, and Ridha Fitryana. 2017. “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Pada Obyek Wisata Kebun Raya Dan Kebun Binatang (KRKB) Gembira Loka Di Kota Yogyakarta.” Kajian Bisnis STIE Widya Wiwaha 22(1): 1–10. http://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jkb/article/view/193 (September 27, 2019).

Wicaksono, Arie. 2018. “Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri Pada PT X Di Jakarta.” Jurnal Manajemen Industri dan Logistik.

Wijayanthi, Ida Ayu Trisna, Ida Bagus Gede Udiyana, and Sendia Maria Verdial Vieira. 2018. “Strategi Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Kedatangan Wisatawan Di Distrik Dili Timor Leste.” Forum Manajemen 16(1): 42–53. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/323829803_Strategi_Marketing_Dalam_Upaya_Meningkatkan_Kedatangan_Wisatawan_Di_Distrik_Dili_Timor_Leste.

Zia, Hanim Khalida, Rima Semiarty, and Ratni Prima Lita. 2018. “Analisis SWOT Sebagai Penentu Strategi Pemasaran Pada Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Baiturrahmah Padang.” Jurnal Kesehatan Andalas 7(4): 6–11.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v5i2.2921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats