Pengaruh Brand Image Terhadap Customer Relationship Management Dan Loyalitas Pelanggan

Nursaidah Nursaidah

Abstract


perekonomian Indonesia. UMKM dituntut untuk mampu merumuskan strategi yang baik, karena produk UMKM tidak akan dapat dipasarkan apabila tanpa didukung adanya strategi pemasaran yang tepat dan strategi pemasaran juga diperlukan untuk pengembangan serta mempertahankan kelangsungan bisnis UMKM itu sendiri. Dalam konsep pemasaran, setiap unit bisnis termasuk UMKM dituntut untuk mampu memahami perilaku konsumen. Tujuan penelitian pada adalah untuk menyusun model pengaruh brand image terhadap Customer Relationship Management (CRM) dan loyalitas pelanggan pada UMKM.Populasi penelitian ini adalah para pelaku UMKM sektor makanan di Kabupaten Jember. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling, yaitu dengan cara accidental sampling dan jumlah sampel ditentukan sebanyak 60 responden. Analisis data dan pengujian hipotesis peneliti menggunakan teknik analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan program software Smart Partial Least Square (SmartPLS).


Keywords


Kata Kunci: UMKM; brand image; customer relationship management; loyalitas pelanggan

Full Text:

PDF

References


Al-Shammari, M. 2009. Customer Knowledge Management: People, Processes, and Technology.(1st edition). Hershey: IGI Global.

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, 2018

Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty: Menumbuhkan Dan Mempertahankan Pelanggan. Jakarta, Airlangga.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2009. Metode Penelitian Bisinis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Istijanto, 2005.Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta : PT Gramedia Pustaka. Utama.

Kalakota, Ravi & Maria Robinson. 2010. E-Business 2.0: Roadmap for Success. Addison Wesley, Longman Inc., USA.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Marketing Management. Jakarta. Edisi Terjemahan. Jilid 1. Jakarta: Prehelindo.

Kotler, Philip. 2006. Marketing Management. Alih Bahasa; Benyamin Molan, Jilid satu, Edisi kesebelas. Jakarta: indeks.

Laudon, Kenneth C dan Traver, Carol Guercio. 2002. E-Commerce; business technology society. International Edition. Addison Wesley, USA.

Ndubisi, N. O. 2007. Relationship marketing and customer royalty. Marketing Intelligence & Planning, Vol 25, No. 1, pp. 98-106. Retrieved 2007, from ABI/INFORM (Proquest) database.

Santosa, Singgih dan Fandy Tjiptono. 2007. Riset Pemasaran, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutisna. 2011. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: P.T Remaja Rosdakarya Bandung.

Tjiptono, Fandi. 2007. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Andi.

Wilde, S. 2011. Customer Knowledge Management–Improving Customer Relationship through Knowledge Application. (1st edition). Berlin: Springer.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v5i1.2586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats