PENGARUH HARGA LOKASI DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Rois Aminullah, Akhmad Suharto, Tatit Diansari

Abstract


Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis pengaruh harga, lokasi, dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian pada toko putra motor desa batuurip kecamatan sumberbaru - jember. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, lokasi, dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian secara simultan dan parsial. Telah banyak dilakukan penelitian tentang pengaruh harga, lokasi, dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian-penelitian tersebut walaupun sama-sama menggunakan harga, lokasi, dan kelengkapan produk dan keputusan pembelian, namun didapatkan hasil yang berbeda-beda. Maka dari pada itu perlu diadakan penelitian lagi sebagai pembanding dengan penelitian yang sudah-sudah. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode purposive sampling dengan sampel 96 orang responden. Adapun sifat dari penelitian adalah penjelasan (explanatory). Hasil uji kecocokan yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel harga, lokasi, dan kelengkapan produk mampu menjelaskan variasi yang terjadi pada keputusan pembelian di toko putra motor desa batuurip kecamatan sumberbaru - jember. Masing-masing variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan pada toko putra motor desa batuurip kecamatan sumberbaru - jember.

Keywords


harga, lokasi, kelengkapan produk dan keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Anoraga, Pandji. 2004. Manajemen Bisnis, Cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS,Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, P. Dan Amstrong, G. 2005. Dasar-dasar Pemasaran.jakarta : Prenhallindo

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 jilid 1

Mulyanto, Edy, 2011. ‘‘Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Ajisaka Motor Kudus’’.

Purnama, Pradana Jaka, 2011. ‘‘Analisis Pengaruh Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Toko Murah di Sukoharjo)’’. Jurnal : Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Qomariah, Nurul. 2016. Marketing Adactive Strategy. Jember. Cahaya Ilmu.

Qomariah, Nurul. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jember). JEAM Vol X No. 1/2011.

Siahaan, Hetty Maria, 2013. ‘‘Analisis Pengaruh Produk, Harga dan Lokasi TerhadapKeputusan Pembelian (Studi Kasus pada Toko Buku Togamas Bangkong Semarang)’’. Jurnal : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Simamora, Bilson, 2001, Memenangkan Pasar : Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: AFABETA, cv.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats