PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNAAN TRANSPORTASI ONLINE GO-JEK DI JEMBER

Rihadatul Aisylia Nuri, Feti Fatimah, Yusron Rozzaid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Konsumen Terhadap Kepuasan Pelanggan: (1) Pengaruh kuallitas pelayanan terhadap kepuasan penggunaan transportasi Online Go-Jek Di Jember (Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2014  Universitas Muhammadiyah Jember). (2) Pengaruh harga terhadap kepuasan penggunaan transportasi Online Go-Jek Di Jember (Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2014  Universitas Muhammadiyah Jember). (3) Pengaruh citra merek terhadap kepuasan penggunaan transportasi Online Go-Jek Di Jember (Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2014  Universitas Muhammadiyah Jember). Sampel dalam penelitian ini sejumlah 80 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan menggunakan purposive sampling. Dari hasil penelitian ini dinyatakan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penggunaan transportasi Online Go-Jek Di Jember (Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Jember), harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penggunaan transportasi Online Go-Jek Di Jember (Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2014  Universitas Muhammadiyah Jember), citra merek mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penggunaan transportasi Online Go-Jek Di Jember (Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2014  Universitas Muhammadiyah Jember).

Keywords


Kualitas Pelayanan, Harga, Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Amirin, T., 2011, Populasi Dan Sampel Penelitian 4: Ukuran Sampel Rumus Slovin, Erlangga, Jakarta.

Agustin, Anis, 2017. “Persepsi Masyarakat tehadap Penggunaan Transportasi Online Go-jek di Surabaya)”. Jurnal ilmu dan riset manajemen : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya. Vol.6, No 9 (2017)

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa,

Anindhita, Wiratri, 2016. “Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna Pada Bisnis Transportasi Ojek Online”. Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC : Institut Bisnis dan Informatika. Universitas Bakrie.

Anggriana, Rina.2017. “Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek ONLINE “OM-JEK” JEMBER”. Skripsi Fakultas Ekonomi Manajemen: Universitas Muhammadiyah Jember.

Fandy, Tjiptono,(2011), Pemasaran Jasa, Bayumedia, Malang.

Firdaus, Hadi (2017), Analisis pengaruh kepuasan konsumen, kualitas layanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan (studi kasus pada masyarakat kel. Pahlawan kota Palembang). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan bisnis islam UIN Raden Fatah Palembang.

Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 20 Update PLS Regresi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Kasali, Rhenald., 2007, Manajemen Periklanan : Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Cet. V, Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.

Kotler, Phillip. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta; Erlangga

Kotler,Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Mar’ati, Nafisa Chairul, dan Tri Sudarwanto, 2016. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online”. Laporan penelitian tidak dipublikasikan Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya.

Manap, Abdul, 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran, satu ulasan Mitra Wacana Media, Jakarta

Qomariah, Nurul. 2016. Marketing Adactive Strategy. Jember. Cahaya Ilmu.

Rifaldi, 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Online Gojek Terhadap Kepuasan Pelanggan Mahasiswa/i Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta”.Jurnal : Administrasi Niaga. Politeknik Negeri Jakarta. Vol.13 No. 2 Oktober 2016

Ramadhayanti, Ana, 2016. “Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Kinerja Ojek Online”. Jurnal : Program Studi Hubungan Masyarakat. AKOM BSI Jakarta.Vol. 8 No.2 September 2016./

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Setyaji, Indra, Dheni, 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi kasus pada pelanggan Go-jek di Semarang”. Jurnal : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Sugiyono, 2014. Metode Peneltian Bisnis.Cetakan ke-18. CV Alfabeta, Bandung.

Zahra, Atika, 2017. “Pengaruh kualitas pelayanan, Persepsi harga, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi online ojek online (Studi pada pelanggan Gojek di Yogyakarta”. Skripsi : program studi manajemen fakultas ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

https://tekno.kompas.com/read/2017/12/18/07092867/berapa-jumlah-pengguna-dan-pengemudi-go-jek.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats