PENGARUH LOKASI, CITRA MEREK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MIE AYAM SOLO BANGSAL JEMBER

Akhmad Husen, Seno Sumowo, Akhmad Fahrur Rozi

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Mie Ayam Solo Bangsal Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi, citra merek dan word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantu berupa observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 90 responden dengan teknik purposive sampling, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi responden terhadap masing-masing variabel. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen data (uji validitas, dan uji reliabilitas), analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis (uji t, koefisien determinasi). Dari hasil analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwa variabel lokasi, citra merek dan word of mouth, semuanya berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Dari uji t diperoleh hasil lokasi, citra merek dan word of mouth, semuanya berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.

Keywords


lokasi, citra merek, word of mouth dan keputusan pembelian konsumen.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi. Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Evita, Nurul. 2018. Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Bakso Boedjangan Cabang Burangrang Bandung Tahun 2018). e-Proceeding of Applied Science: Vol.3, No.2 Agustus 2018 ISSN : 2442-5826

Hughes, Mark. 2007. Buzzmarketing. Jakarta: PT Elex Media Computindo.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Penerbit: Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip and Kevin L. Keller. 2016. Marketing Management 16 edition. New Jersey: Pearson.

Kuncoro, Mudrajad.2009. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Penerbit: Erlangga. Jakarta.

Levy, Michael and Barton Weitz. 2007. Retailing Management. Internasional Edition. New York: McGraw-Hill.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Nugraha, Finnan Aditya, Ajie Suharyono dan Andriani Kusumawati. 2015. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Kober Mie Setan Jalan Simpang Soekarno-Hatta Nomor 1-2 Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) | | Vol. 22 No. 1 Mei 2015 Administrasibisnis.Studentjournal.Ub.Ac.Id

Prastika, Evi Luciana Dan Harti. 2018. Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Mie Rampok Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) ISSN: 2337-6708 Volume 01 Nomor 01 Tahun 2018

Qomariah, Nurul. 2016. Marketing Adactive Strategy. Jember: Cahaya Ilmu

Rangkuti, Freddy 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus. Integrated Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rosen, Emanuel. 2004. Kiat Pemasaran dari Mulut ke Mulut. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Roslina. 2010. Citra Merek: Dimensi, Proses Serta Pengukurannya. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Vol.6 No.3, Mei 2010 Diakses Tanggal 13 Maret 2012.

Sari, Fanny Puspita dan Tri Yuniati. 2016. Pengaruh Harga Citra Merek dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen: Volume 5, Nomor 6, Juni 2016 ISSN : 2461-0593

Schiffman, Leon, & Kanuk, Leslie Lazar. 2007. Consumer Behaviour 7 th. Edition. (Perilaku Konsumen). Jakarta: PT. Indeks

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang, dkk. 2010. Pemasaran Strategik (Prespektif Value-Based Marketing & Pengukuran Kinerja). Bogor: IPB Pres.

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats