PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN PENGANTAR BISNIS TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT WIRAUSAHA (STUDY KASUS MAHASISWA AKADEMI AKUNTANSI PGRI JEMBER)

Suwarso S

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  langsung dan tidak langsung Mata Kuliah Kewirausahaan dan Pengantar Bisnis terhadap Motivasi dan Minat Wirausaha. Penelitian ini merupakan explanatory research dengan metode sampel proportional random sampling. Sampel yang dambil yaitu seluruh mahasiswa Akademi Akuntansi PGRI Jember yang telah mengikuti mata kuliah Kewirausahaan dan Pengantar Bisnis. Jenis data yang dipakai yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data yang digunakan data primer, data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, studi pustaka, sedangkan analisi data menggunakan  Analisis jalur (path analysis).Hasil penelitian menunjukan bahwa Mata Kuliah Kewirausahaan , Pengantar Bisnis, dan Motivasi  memiliki pengaruh positif dan signifikan  yang tinggi terhadap Minat Wirausaha mahasiswa. semua Nilai Koefisien jalur lebih besar dari probabilitas signifikansi yang ditentukan yaitu diatas signifikansi 0,000.  Hal ini membuktikan bahwa mata kuliah kewirausahaan dan pengantar bisnis sangatlah dibutuhkan pada perguruan tinggi guna merangsang mahasiswa dalam berpikir kreatif dan inovatif dalam melihat peluang usaha sehingga termotivasi  menciptakan sebuah usaha dan berminat menjadi seorang wirausaha.


Keywords


Kewirausahaan, Bisnis, Motivasi dan Minat

Full Text:

PDF

References


Agustiyani, Agustiyani (2014) Pengaruh pembelajaran mata kuliah kewirausahaan terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha (studi kasus pada mahasiswa program studi Ekonomi Islam angkatan tahun 2011 UIN Walisongo Semarang). http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3590/2018/03/08.

Aidha, Zuhrina. 2016. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jurnal JUMANTIK Vol.1 No.1 Nopember 2016. FKM UIN-SU

Afuah, Allan.2004. Business Model: A strategic Management Approach. McGraw-Hill: New York

Kasali, Rhenald dkk. 2010. Modul Kewirausahaan. Rumah Perubahan. Jakarta: Penerbit Hikmah (PT. Mizan Publika)

Masruroh, Fa’izatul dan Suharningsih. 2017. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Vol 05 Nomor 01 Tahun 2017. 567-581. Universitas Airlangga Surabaya

Griffin, Ricky W. dan Ebert, Ronald J. 2007. Bisnis. Edisi Kedelapan. Jilid I. Jakarta: Erlangga

Sarwono, Jonathan. 2006. Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS 16. Yogyakarta: Andi Offset

Suherman, Eman. 2010. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Susilo,DwidanMuhammad,Karrtono.2015.http://download.portalgaruda.org/article.php?article Dampak Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Setelah Lulus Kuliah Pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pekalongan/2018/03/07.

Suryana, Yuyus. dan Bayu Kartib. 2010. Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Edisi 2 Bandung

Wiludjeng, Sri. 2007. Pengantar Manajemen. Edisi I, Yogyakarta: Graha Ilmu.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/03/05/berapa-jumlah-perguruan-tinggi-di-indonesia

https://dosenpsikologi.com/pengertian-minat-menurut-para-ahli/ 2018/03/07/ minat menurut para ahli.




DOI: http://dx.doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats