DAMPAK BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK JASA PT. ASURANSI SINARMAS JEMBER

Devita Indriani, M Naely Azhad

Abstract


Penelitian dengan judul Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Jasa PT. Asuransi Sinarmas bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel bauran pemasaran (marketing mix) berupa produk, harga, tempat, dan promosi baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk jasa PT Asuransi Sinarmas dan untuk mengetahui variabel bauran pemasaran (marketing mix) berupa produk, harga, tempat, dan promosi yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk jasa PT Asuransi Sinarmas. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden, yaitu nasabah PT Asuransi Sinarmas yang berjumlah 70 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Untuk analisis data penulis menggunakan analisis linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian variabel marketing mix yang terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membel produk jasa PT. Asuransi Sinarmas Jember. Variabel produk merupakan variabel dominan pengaruhnya terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk jasa PT. Asuransi Sinarmas Jember.

Kata Kunci: Produk, Harga, Promosi, Tempat dan Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi. Jakarta: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan ke-10. Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Engel, James F, Blacwell, Roger D, Miniard, Paul W. 1994. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa : F. X Budiyanto. Edisi Keenam. Binapura Aksara. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan program SPSS. Edisi Pertama. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, Damodar, 1997, Ekonometrika Dasar, Penerbit Erlangga. Jakarta.

Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CV. Alfa Beta.

Kerlinger, Fred. 1986. Asas-asas Penelitian Behavioral. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 1997. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 2. Terjemahan Hermawan, A. A dari Principles of Marketing (1987) PT. Prenhallindo. Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong. 1997. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Prehallindo.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jilid I. Jakarta: Prenhallindo.

Mangkunagara, A. Anwar P. 1998. Perilaku Konsumen. Eresco. Bandung.

Setya Adi Santoso, Sigit. 2002. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli Produk Air Mineral Aqua di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember”. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember.

Singarimbun dan Effendi. 1998. Metode Penelitian Survey. LP35. Jakarta.

Stanton, William J. 1996. Prinsip Pemasaran. Edisi Ketujuh. Erlangga. Jakarta.

Sudjana, 1984. Metode Statistika. Edisi ketiga. Tarsinto. Bandung.

Sudjana, 1996. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bagi Para Peneliti. Tarsito. Bandung.

Supranto, J. 1990. Statistik Teori dan Aplikasi. Erlangga. Jakarta.

Swasta, Basu dan Irawan. 1990. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Swasta, Basu dan Irawan. 1996. Manajemen Pemasaran. Liberty. Yogyakarta.

Swasta, Basu dan Irawan. 1999. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.

Swasta, Basu. 1999. Manajemen Penjualan. Liberty. Yogyakarta

Tjiptono, Fandi. 2002. Strategi Pemasaran. Edisi II. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i1.1718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats