FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN ANGGOTA ‘AISYIYAH SEHINGGA DAPAT MENINGKATKAN KEMAJUAN AMAL USAHA MUHAMMADIYAH (Studi Kasus Pada Cabang ‘Aisyiyah Balung Jember)

Feti Fatimah

Abstract


Amal usaha Muhammadiyah di wilayah Balung Jember belum berkembang cukup baik. Anggota ‘Aisyiyah diharapkan memiliki semangat kewirausahaan sehingga mampu meningkatkan kemajuan amal usaha Muhammadiyah. Rumusan masalah yang diangkat adalah: Bagaimana pengaruh faktor dari diri sendiri, Lingkungan Sekitar, dan Kebijakan Pemerintah terhadap semangat kewirausahaan para anggota ‘Aisyiyah sehingga dapat meningkatkan kemajuan amal usaha Muhammadiyah cabang Balung Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel faktor dari diri sendiri, Lingkungan Sekitar, dan Kebijakan Pemerintah terhadap semangat kewirausahaan anggota ‘Aisyiyah sehingga dapat meningkatkan kemajuan amal usaha Muhammadiyah cabang Balung Jember. Variabel independen dalam penelitian ini adalah: Faktor dari diri sendiri, Lingkungan Sekitar, Kebijakan pemerintah. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah semangat kewirausahaan anggota ‘Aisyiyah. Hasil penelitian adalah secara simultan faktor dari diri sendiri, lingkungan sekitar, dan kebijakan pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kewirausahaan. Secara parsial kebijakan pemerintah berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap semangat kewirausahaan.

Kata Kunci: diri sendiri, lingkungan, kebijakan pemerintah, semangat kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Buchari Alma. 1999. Kewirausahaan. Panduan Perkuliahan. Alfabeta. Bandung.

Ducker, Peter F. 1996. Inovasi dan Kewiraswastaan. Erlangga. Jakarta.

Ghozali, Imam, 2006. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Edisi pertama. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Heidjrachman R. Pandojo. 1982. Wiraswasta Indonesia. BPFE. Yogyakarta.

Hisrich, Robert D. & Peter, Michael P. 1995. Entrepreneurship: Strating, Developing, and Managing a New Entreprise. Irwin Mc Grawhill Companies.

Indarti, N. 2004. Factors Affecting entrepreneurial intentions among Indonesian Students. Jurnal Ekonomi dan Bisnis 19 (1): 1 - 14

Indarti, Nurul & Rostiani, Rokhima. Oktober 2008. Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Studi Perbandingan Antara Indonesia, Jepang dan Norwegia. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Indonesia, Vol. 23. No. 4.

James A. F Stoner, R. Edward Freeman, Daniel R. Gilbert, JR. 1996. Manajemen. Jilid 1. PT. Prenhallindo. Jakarta.

Jenkins, M. & Johnson, G. 1997. Entrepreneurial Intentions and Outcomes: A Causal Mapping Study. Journal Management Studies, 34, 895 – 920.

Kasmir, Kewirausahaan, 2007, PT Radja Grafindo Persada, Jakarta,

Krueger, N. 1993. The Impact of Prior Entrepreneurial Exposure on Perceptions of New Venture Feasibility and Desirability. Entrepreneurial Theory Practice, 18(1): 5 – 21.

Kuncoro, Mudrajat. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Erlangga. Jakarta.

Lee, S.H. & Wong, P. K. 2004. An Exploratory Study of Technopreneurial Intentions: A Career Anchor Perspective. Journal of Business Venturing, 19 (1): 7 – 28.

Maslow, Abraham H. 1993. Motivasi dan Kepribadian Teori Motivasi Dengan Pendekatan Hierarki Kebutuhan Manusia. seri Manajemen No. 104. A, PPM. Jakarta.

Malinda, Maya. Mei 2002. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Seseorang Berwirausaha. Jurnal Manajemen Maranatha. Volume 1

Priyanto S. H. 2008. Di Dalam Jiwa ada Jiwa: The Bacbone and the Social Construction of Entrepreneurships. Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Kristen Satya Wacana.

Siswadi, Yudi. 2013. Analisis Faktor Internal, Faktor Eksternal dan Pembelajaran Kewirausahaan yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha. Jurnal Manajemen & Bisnis Vol 13 No. 01 April 2013 ISSN 1693-7619.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta. Bandung.

Suharti, Lieli dan Sirine, Hani. 2011. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap niat kewirausahaan (entrepreneurial intention). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, vol 13 no 2 september 2011:124-134.

Suryana. 2001. Kewirausahaan. Salemba Empat. Jakarta.

Thomas W Zimmerer, Norman M. Scarborough. 1996. Entrepreneurship and The New Venture Formation. Prentice Hall International Edition. New Jersey.

Tjahjono, H. K. & Ardi, H. 2008. Kajian Niat Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk Menjadi Wirausaha. Utilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16(1): 46 – 63.

http://aisyiyah.or.id. 02/10/2017

http://kudo.co.id. 08/10/2017




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i1.1717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats