PENGARUH FLASH SALE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE PADA TOKO ONLINE “PULCHRAGALLERY”

Amalina Maryam Zakiyyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui penawaran flash sale yang dilakukan toko online “Pulchragallery” mengarah pada terjadinya pembelian impulsif serta untuk mengetahui motif konsumen dalam melakukan pembelian impulsif, motif hedonis atau motif utilitarian konsumen atau keduanya. Teknik sampling yang digunakan adalah snowball sampling dengan isntrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner dengan bantuan google form. Setelah link kuisioner disebar kemudian dilakukan analisis data menggunakan statistic deskriptif terhadap hasil jawaban 32 responden. Dan disimpulkan bahwa pembelian impulsif terjadi saat penawaran flash sales. Pembelian impulsif yang dilakukan saat flash sale dimotivasi baik oleh motif hedonis dan motif utilitarian. Dan terdapat korelasi yang tidak signifikan antara lama waktu mengakses instagram dengan perilaku pembelian impulsif saat flash sales.

Kata Kunci: flash sales, motif hedonis, motif utilitarian, pembelian impulsive

Full Text:

PDF

References


Agrawal, S., & Abhinav Sareen, S. (2016). Flash Sales–The Game Changer in Indian E-Commerce Industry. International Journal of Advance Research and Innovation, 4(1), 192-195.

Beurer-Zuellig, B., & Seiler, R. (2017). Deal or No Deal?-Asessing the Daily Deal Shopper. Paper presented at the Proceedings of the 50th Hawaii International Conference on System Sciences.

Dhurup, M. (2014). Impulsive fashion apparel consumption: the role of hedonism, fashion involvement and emotional gratification in fashion apparel impulsive buying behaviour in a developing country. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(8), 168.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20 (6 ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hirschman, E. C. (1984). Experience seeking: a subjectivist perspective of consumption. Journal of Business Research, 12(1), 115-136.

Kannan, N., Babu, K., Hu, Y. J., & Narasimhan, S. (2016). Social Media, Flash Sales, and the Maker Movement: An Empirical Analysis.

Kruszka, A. (2012). Why did I just buy that? A Look at Impulse Buying in the Atmosphere of Daily Deals. Capstone Work, American University, Washington DC.

Semuel, H. (2009). Pengaruh Stimulus Media Iklan, Uang Saku, Usia, Dan Gender Terhadap Kecenderungan Perilaku Pembelian Impulsif (Studi Kasus Produk Pariwisata). Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i1.1716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats