KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MANAJEMEN ORGANISASI MUHAMMADIYAH DI PANGANDARAN

Nandhini Hudha Anggarasari, Milah Nurkamilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal dalam manajemen organisasi Muhammadiyah di Pangandaran. Manfaat penelitian adalah agar dapat menjadi salah satu acuan dalam merumuskan langkah kebijakan dan program kerja organisasi Muhammadiyah di Pangandaran. Teknik pengambilan subjek yang digunakan adalah metode stratified sampling. Metode penelitian ini dengan survey dan kualitatif wawancara. Subjek penelitian adalah warga muhammadiyah di Pangandaran dan masyarakat umum. Berdasarkan hasil survey angket, kategori  rata-rata komunikasi interpersonal pada warga Muhamamdiyah adalah 19,4, yang mengindikasikan bahwa warga Muhammadiyah memiliki komunikasi interpersonal yang baik. Namun berdasarkan hasil wawancara, ada beberapa hal yang ditemukan antara lain kurangnya komunikasi interpersonal antar warga dan pimpinan yang mengakibatkan kesalahpahaman dalam menjalankan organisasi dan kurangnya melakukan komunikasi dan interaksi sosial dengan masyarakat.

 

Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Manajemen, Organisasi Muhammadiyah.

Full Text:

PDF

References


Anggarasari, N. H. ( 2012). Pelatihan Komunikasi Interpersonal untuk Mengurangi Rasa Malu. Jurnal Intervensi Psikologi, Vol 4 No 1, E ISSN 2579 - 4337.

Fachruddin. (2009). MANAJEMEN PEMBERDAYAAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Ta'dib, Vol 12, No 1 (2009) http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/article/view/155.

M.S, A. L. (1997). Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Kanisius.

RA, R. Y. (2005). HUBUNGAN ANTARA KOMITMEN ORGANISASI DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. BENEFIT, Vol 9 No 2 Desember 2005.

Rakhmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remadja Rosdakarya.

SYAHID, I. N. (2017). Kinerja Lima Pilar Total Quality Management di KUD Musuk Kabupaten Boyolali. . Solo: Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

Widoyoko, E. ( 2015). Evaluasi program pembelajaran (edisi ke-7). . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i1.1713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats