PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEPRIBADIAN DAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA

Sri Wahyu L H Setyanti, Dedikasi Herlambang, Ema Desia Prajitiasari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sosial dengan mediasi kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Jember. Fenomena penelitian ini adalah semakin meningkatnya minat mahasiswa untuk berwirausaha dengan adanya program kewirausahaan dari Universitas Jember seperti program mahasiswa wirausaha, pelatihan kewirausahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proporsional random sampling sebanyak 105 mahasiswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur, untuk mengetahui pengaruh secara langsung dan tidak langsung dari masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan lingkungan sosial berpengaruh melalui mediasi kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa.

Kata Kunci: lingkungan keluarga, lingkungan sosial, minat berwirausaha, kepribadian

Full Text:

PDF

References


Afiatin, Tina dan Budi Andayani. 1998. Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Penganggur Melalui Kelompok Dukungan Sosial. Jurnal Psikologi, Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, No. (2):35-46.

Alma, B. 2007. Kewirausahaan. Alfabeta. Bandung.

Anoraga, Pandji dan Djoko Sudantoko. 2002. Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta.

Aprilianty, Eka. 2013. Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Vol 2(3):311-324.

Koranti, Komsi. 2013. Analisis Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal PESAT, Bandung: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma.

Mopangga, Hermin. 2014. Faktor Determinan Minat Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Trikonomika, Gorontalo: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. 13(1):78-90.

Muladi, W. 2011. Pembelajaran kewirausahaan dan minat wirausaha lulusan SMK. Jurnal Ekspansi, 6, 35-39 . Muladi, W. 2011. Pembelajaran kewirausahaan dan minat wirausaha lulusan SMK. Jurnal Ekspansi, 6, 35-39 .

Purwinarti, T. 2006. Faktor pendorong minat berwirausaha (studi lapangan terhadap Politeknik Negeri Jakarta . Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 5, 39-46.

Stewart, W.H., Watson, W.E., Carland, J.C. & Carland, J.W. 1998. A proclivity for entrepreneurship: A comparison of entrepreneurs, small business owners, and corporate managers. Journal of Business Venturing, 14, 189-214

Tjahjono, H.K., & Ardi, H. 2008. Kajian niat mahasiswa manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk menjadi wirausaha. Utilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16, 46-63

Wade, Carole dan Carol Tavris. 2007. Psikologi Edisi Kesembilan Jilid 2. Jakarta: Erlangga




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i1.1711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats