ANALISIS PERSEPSI KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN (Studi Kasus Pada Pendaratan Pelelangan Ikan Pesisir Besuki Situbondo) PERDAGANGAN IKAN

Sa’dullah* M. Naely Azhad**

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada Pendaratan Pelelangan Ikan Pesisir Besuki

Situbondo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari tiga variabel

yaitu kulitas layanan (X1), harga (X2) dan lokasi (X3) terhadap keputusan

perdagangan ikan (Y) pada saat membeli di Pendaratan Pelelangan Ikan Pesisir

Besuki Situbondo. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantu

berupa observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 47 responden dengan teknik

sensus, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi responden terhadap masing-
masing variabel. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen data (uji

validitas, dan uji reliabilitas), analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik

(uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), dan uji hipotesis (uji

F, uji t, koefisien determinasi). Dari hasil analisis menggunakan regresi dapat

diketahui bahwa variabel kualitas layanan, harga dan lokasi, semuanya

berpengaruh positif terhadap keputusan perdagangan ikan di Pendaratan

Pelelangan Ikan Pesisir Besuki Situbondo. Dari uji t diperoleh hasil kualitas

layanan (0,001), harga (0,008) dan lokasi (0,000), semuanya berpengaruh

signifikan terhadap keputusan perdagangan ikan di Pendaratan Pelelangan Ikan

Pesisir Besuki Situbondo. Dari uji F diperoleh hasil kualitas layanan, harga dan

lokasi (0,000), semuanya berpengaruh signifikan secara simultan terhadap

keputusan perdagangan ikan di Pendaratan Pelelangan Ikan Pesisir Besuki

Situbondo. Ketiga variabel ini berpengaruh sebesar 75,3%, terhadap keputusan

perdagangan ikan sedangkan sisanya sebesar 24,7% dipengaruhi oleh variabel

lain.


References


Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Kompas, 3 Maret. Himpitan Pasar Bebas, Halaman Ekonomi, Kompasiana

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. PT. Indeks. Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajat. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Erlangga. Jakarta.

Manullang. 1991. Manajemen Personalia. Ghalia Indonesia, Medan.

Swastha, Basu dan Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. BPFE, Yogyakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern Analisis Perilaku Konsumen. Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2004. Pemasaran Jasa. Bayumedia. Malang.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v1i1.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
slot gacor slot