PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus: Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo cab. Jember)

Moh Noval Ariyanto, Seno Sumowo, Wahyu Eko Setianingsih

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh store atmosphere yang terdiri dari (exterior, general interior, store layout, interior display) dan atribut produk terhadap minat beli konsumen di rumah makan Wong Solo Cabang Jember. Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel terikat (depedent) yaitu  exterior, general interior, store layout, interior display dan atribut produk, dan variabel bebas (independent) yaitu minat beli. Populasi yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Rumah Makan Wong Solo Cabang Jember. Jumlah sample yang digunakan adalah 60 responden. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling dengan kriteria tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis yaitu uji t dan uji f. Sebelum menggunakan analisis regresi berganda, dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Dari hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) Hasil pengujian hipotesis telah membuktikan terdapat pengaruh yang signifikan variabel  exterior terhadap minat beli konsumen. variabel general interior berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, variabel store layout berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, variabel interior display berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, dan variabel atribut produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Dari hasil analisis dengan menggunakan uji t variabel independent yang paling dominan dalam mempengaruhi minat beli pada rumah makan Ayam bakar Wong Solo Cab Jember adalah store layout karena thitung elemen store layout lebih besar dibandingkan thitung  variabel independent yang lain yaitu exterior, general interior, interior display, dan atribut produk.

Kata Kunci : store atmosphere, exterior, general interior, store layout, interior display, atribut produk, minat beli konsumen.

 

ABSTRACT

This study was conducted to examine the effect of store atmosphere consisting of (exterior, interior general, store layout, interior display) and product attributes on consumer buying interest at home eating Wong Solo Branch Jember. In this study using two variables: the dependent variable that is exterior, general interior, store layout, display interior and product attributes, and the independent variables. namely buying interest. Populations that are objects of this study are all consumers of Restaurant Wong Solo Branch Jember. The number of samples is 60 respondents. Samples were taken by purposive sampling with certain criteria. The method used in this research is by using multiple linear regression analysis to test the hypothesis that the t test and f test. Before using multiple regression analysis, performed classical assumption beforehand. From the results of partial hypothesis test (t test) Hypothesis testing results have shown a significant influence exterior variables on consumer buying interest. general variable interior significant effect on consumer buying interest, variable store layout significant effect on consumer buying interest, variable interior display significant effect on consumer buying interest, and variable product attributes have a significant effect on consumer buying interest. From the analysis using T test independent variables are the most dominant in influencing buying interest at home eating grilled chicken Wong Solo Cab Jember is the store layout as thitung elements of store layout is greater than thitung independent variables that others, namely exterior, general interior, interior displays, and product attributes.

Keywords : store atmosphere, exterior, general interior, store layout, interior displays, product attributes, consumer buying interest.

Full Text:

PDF

References


Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis Dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro

Arifiana, W.E., Kumadji, S., Fanani, D 2012 “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Ibu Rumah Tangga Perumahan Bumi Asri Sengkaling Rw 05 Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang Pembeli Deterjen Rinso)” Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Assael, Henry. 2002. Consumers Behavior And Marketeing Action. Edisi 3. Kent Publishing Company. Boston Massachusset. As

Badan Pusat Statistik Retrieved March 28, 2013, From http://bps.go.id.aboutus.php?news=989

Berman, Berry, And Joel R. Evans, 2007, Reatail Manajemen, New Jersey: Prentice Hall

Dessyana, Cindy Juwita 2013, “Store Atmosphere Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Texas Chicken Multimart Ii Manado” Jurnal Emba, Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 844-852

Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss, Badan Penerbit Univesitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, Philip, Dan Kevin Lane Keller.2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi Ketiga Bellas, Terjemahan Bob Sabran, Mm. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Julianti, N.L., Nuridja, Made., Meitriana, M.A 2014 “Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toserba Nusa Permai Di Kecamatan Nusa Penida” Jurnal Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Vol: 4 No: 1 Tahun: 2014.

Kotler, Philip Dan Keller, Kevin Lane 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1, Pt.Indeks, Jakarta.

Lintang, A., Yaningwati, F., Wilopo 2013 “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Monopoli Resto Dan Cafe Jalan Merbabu Kota Malang)” Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Meldarianda, Dan Lisan, R.H 2010 “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Café Atmosphere Bandung” Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (Jbe), September 2010, Hal. 97 – 108 Vol. 17, No. 2, Issn: 1412-3126 97

Nofiawaty, Dan Yuliandi, Beli 2014, “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Outlet Nyenyes Palembang” Jurnal Manajemen Universitas Sriwijaya.

Octaviani, Achirul 2012 “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffe Toffe Jatim Expo Surabaya” Jurnal Ekonomi Unesa.

Prabowo, Fitriansyah Budi 2015 “Analisis Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Giant Supermarket Express Dinoyo Malang” Jurnal Ilmiah Manajemen Operasional Universitas Brawijaya.

Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa. 2008 Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Purwaningsih, Ayu 2013, “Pengaruh Suasana Toko Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Swalayan Jadi Baru Di Kebumen” Jurnal Manajemen Universitah Muhammadiyah Purwerejo.

Putra, Nandi Eko 2011 “Analisis Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Wadezig Distro Kota Padang” Laporan Tidak Dipublikasikan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Rusadi, M.D.N., Dan Suwitho 2014 “Pengaruh Atribut Produk Dan Motif Hedonic Terhadap Keputusan Pembelian” Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia) Surabaya, Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 7.

Santosa, Immanuel Adimas Gilang 2014 “Analisis Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Layanan Toko Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Toko Buku Toga Mas Bangkong Semarang” Laporan Tidak Dipublikasikan Program Studi Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Sari, D.A,. Minarsih, M.M., Fathoni, Azis 2014, “Analisis Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Semarang” Laporan Tidak Dipublikasikan, Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Padanaran Semarang 2014.

Savitri, Dian 2012 “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Kecap Sedaap Di Surabaya” Laporan Tidak Dipublikasikan Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur.

Stanton, Willian.J 2005. Prinsip Pemasaran. Cetakan Ketujuh. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Sugiono.(2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & Rnd. Bandung : Alfabeta.

Widyanto, A,I., Yulianto, E., Sunarti, 2014 “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Distro Planet Surf Mall Olympic Garden Kota Malang)” Jurnal Administrasi Bisnis (Jab) Universitas Brawijaya|Vol. 14 No. 1 September 2014.

W.Zimmer, Thomas, 2001. Pengantar Kewirausahaan Dan Manajemen Bisni Kecil. Jakarta: Prenhalindo.

http://tentangretail.blogspot.co.id/2012/08/store-atmosphere.html.




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v2i1.1214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats