ANALISIS PENGARUH SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN LAYANAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

Wenny Murtalining Tyas

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan (1)  Untuk mengetahui berbagai layanan akademik dengan menggunakan Sistem Informasi Akademik (SIA) yang sudah diberlakukan di Universitas Muhammadiyah Jember (2) Untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dengan diberlakukannya Sistem Informasi Akademik di Universitas Muhammadiyah Jember (3) Untuk mengetahui pengaruh Sistem Informasi Akademik (SIA) terhadap kepuasan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Jember. Total populasi dalam penelitian ini adalah 1.563 mahasiswa, total sampel adalah 196 mahasiswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah metode Proportional Random Sampling, dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan analisis faktor, uji reliabilitas dengan cronbach alpha. Uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Data yang dikumpulkan diuji validitas dengan menggunakan analisis faktor dan diuji untuk keandalan dengan koefisien alpha, dimana hasilnya semua data dinyatakan valid dan reliabel. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan Sistem Informasi Akademik memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan layanan mahasiswa. 

Kata Kunci : Sistem Informasi Akademik, Kepuasan Mahasiswa  

 

ABSTRACT

This study aims to (1) To find a variety of academic services by using the Academic Information System (AIS) that have been enacted at the University of Muhammadiyah Jember (2) To determine the level of student satisfaction with the implementation of Academic Information Systems at the University of Muhammadiyah Jember (3) To determine the effect System Academic information (SIA) to the satisfaction of students at the University of Muhammadiyah Jember. Total population in this study was 1,563 students, the total sample was 196 students. The method used to collect data in this study is a questionnaire. The sampling technique used is the method of Proportional Random Sampling and testing techniques of data used in this study include tests of validity by factor analysis, reliability test with Cronbach alpha. Classical assumption test, multiple linear regression analysis, t test and F test to test and prove the hypothesis of the study. Data collected tested for validity using factor analysis and tested for reliability coefficient alpha  where the results of all the data is valid and reliable. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa: diketahui bahwa nilai t hitung dalam penelitian ini adalah sebesar 7,930 dan memiliki nilai signifikasi sebesar 0,000. These values indicate that the Academic Information System provides a positive and significant influence on satisfaction of student services

Keywords: Academic Information Systems, Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2005. Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta

Alter., 2002, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek, Informatika, Bandung.

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Dessler Gary, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Edisi Kesepuluh Jilid Dua PT Indeks halaman 46

Ety Rochaety et al. (2007) Metodologi Penelitian Bisnis Jakarta : Mitra Wacana Media

Fandy Tjiptono, 2007, Strategi Pemasaran. Edisi ke dua, penerbit Andi, Yogyakarta

F Nash, John, diterjemahkan oleh La Midjan. 2003. Sistem Informasi Akuntansi I Pendekatan Manual Pratika Penyusunan Metode dan Prosedur. Bandung : Lembaga Informatika Akuntansi.

Ghozali, Imam, 2009, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang ; Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Henry C. Lucas Jr, 1993, Analisis Desain Dan Implementasi, Erlangga, Jakarta

Pusat Data dan Informasi, 2010. Panduan Sistem Informasi Akademik, Universitas Muhammadiyah Jember

Robert A. Leitch k. Roscoe Davis., (Hal 11) Definisi Sistem Informasi. Jogiyanto Hartono, MBA, Ph.D, 1999. Analisis dan Desain. ANDI OFFSET, Yogyakarta.

Srinadi, 2008, Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Fakultas Sebagai Lembaga Pendidikan, Jurnal Cakrawala Pendidikan, Th. XXVII, No. 3. Hal 217-231

Tjiptono, Fandy 2004. Manajemen Jasa. Penerbit Andi Edisi kedua : Yogyakarta

Vaidyanathan, G., 2005. “User Acceptance Of Digital Library: An Empirical Exploration Of Individual And System Components. Issues in nformation System”, Volume VI, No. 2.

Venkatesh, V. dan Davis, F.D. 2000. A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies. Management Science, 46 (2), pp. 186–204

Diana Rahmawati : Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII. No. 2 – Tahun 2010, Hlm. 18 – 32

Nofi Afriansyah, Linda Astuti, Asnawati : Jurnal Professional FIS UNIVED Vol. 2 No.1 Juni 2015




DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v3i2.1208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats