ANALISIS PENGELOLAAN BUMDES MENURUT PERSPEKTIF SUMBER DAYA MANUSIA DAN PERFORMA KEUANGAN

Ibna Kamilia Fiel Afroh, Achmad Hasan Hafidzi, Bayu Wijayantini, Rendy Mirwan Aspirandi

Abstract


BUMDes pada dasarnya merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa dan merupakan instrument pendayagunaan ekonomi local dengan berbagai ragam jenis potensi, yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa melalui pengembangan usaha ekonomi mereka, serta memberi sumbangan bagi pendapatan asli desa yang memungkinan desa mampu melaksanakan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara optimal. Saat ini banyak BUMDes yang tidak berkembang dengan baik. Penyebabnya utamanya antara lain adalah tidak dikelolanya BUMDes secara professional dan banyak kendala-kendala yang lain dari awal pembentukan sampai dengan pengelolaan itu tidak lepas dari resiko yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap motivasi karyawan BUMDes Dana Asri Sejahtera Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo, pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan BUMDes Dana Asri Sejahtera Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo, pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan BUMDes Dana Asri Sejahtera Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo, peran mediasi motivasi dalam pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan BUMDes Dana Asri Sejahtera Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh aspek keuangan berdasarakan rasio rentabilitas BUMDes Dana Asri Sejahtera Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo. Penelitian ini menggunakan pendekatatan kuantitatif deskriptif dengan metode sample jenuh dan sensus dengan mengggunakan bantuan alat analisis SEM dengan program AMOS Versi 22 dan hasilnya adalah pengujian koefisien jalur atas pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Motivasi, Kinerja Karyawan  menunjukkan pengaruh yang positif signifikan. Hasil pengujian koefisien jalur atas pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Karyawan menunjukkan pengaruh yang positif signifikan. Hasil pengujian koefisien jalur menunjukkan bahwa Motivasi berperan dalam memediasi pengaruh Gaya Kepemimipinan terhadap Kinerja Karyawan BUMDes Dana Asri Sejahtera. Dan Hasil analisis aspek keuangan menunjukkan bahwa berdasarakan rasio rentabilitas BUMDes Dana Asri Sejahtera Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo tergolong baik dan sesuai.

Keywords


Pengelolaan, Badan Usaha Milik Desa.

References


Astri, F. (2021). Analisis Perkembangan BUMDes se Kabupaten Tolitoli. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING). https://doi.org/10.31539/costing.v4i2.2038

Bambang, & Suparno, C. (2017). Model Analisis Kelayakan Usaha Bumdes Di Kecamatan Kaligondang. In Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers ”Pengembangan Sumber Daya Perdesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan VII”.

Brigham, E., & Houston, J. (2019). Buku 1 Manajemen Keuangan Edisi Kedelapan. Ebook.

Dewi, R. S., Irama, N. N., & Khairunnisa. (2020). Analisis Penerapan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN.

Fahmi, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). In Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik).

Fahmi, Irham. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan. Alfabeta.

Ferosa, M. I., & Hapsari, A. N. S. (2020). Analisis Kendala Pengelolaa BUMDes Desa Kopeng Kabupaten Semarang. Proceeding Seminar Nasional UNIBA Surakarta.

Hasibuan. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Ed. Revisi). PT Bumi Aksara.

Jatmika, D., & Hermawati, A. (2013). Pentingnya Implementasi Rasio Aktivitas, Rasio Laverage Berbasis Rasio Likuiditas Dan Rasio Rentabilitas Pada Bumn Dalam Upaya Analisis Evaluasi Efisiensi Penggunaan Modal Kerja. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 9(2). https://doi.org/10.21067/jem.v9i2.199

Luthans, F. (1995). Organizational behavior (7th ed.). McGraw-Hill, Inc.

Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya.

Munawir. (2010). Analisa Laporan Keuangan (Edisi ke 4). Liberty.

Putra, A. S., & Hendriani, S. (2020). Pengaruh Pelatihan dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan yang Dimediasi oleh Komitmen pada Pengelola Bumdes di Kabupaten Kuansing. Jurnal Ekonomi KIAT.

Rahmawati, F., & Runanto, D. (2019). Peran Motivasi dalam Penigkatan Kinerja Karyawan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Kulon Progo. In Prosiding Seminar Nasional Unimus.

Robbins, S. P., Judge, T. A., Odendaal, A., & Roodt, G. (2016). Organisational behaviour: Global and Southern African Perspectives. Pearson South Africa (Pty) Ltd.

Sanjaya, P. K. A., & Saputra, I. P. J. (2020). Analisis Beberapa Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Karyawan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Gentha Persada Tibubeneng Kabupaten Badung : Ordinary Least Square Model. ORDINARY LEAST SQUARE MODEL. Prosiding.

Sedarmayanti. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil (Cetakan 5). PT. Refika Aditama.

Swandari, N. K. A. S., Setiawina, N. D., & Marhaeni, A. A. I. N. (2017). Analisis Faktor-Faktor Penentu Kinerja Karyawan BUMDes di Kabupaten Jembrana. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiai.v7i2.8736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats