Penggunaan Laba Dan Arus Kas Untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2014)

Moh Halim

Sari


Penelitian ini mengenai penggunaan laba dan arus kas dalam memprediksi kondisi keuangan suatu perusahaan manufaktur. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh laba dan arus kas terhadap prediksi kondisi financial distress pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Pada pengujian ini dilakukan dengan mengkategorikan variabel terikatnya ke dalam kelompok-kelompok tertentu yaitu financial distress atau non financil distress dengan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan regresi logistik. Sampel penelitian terdiri dari 87 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2013-2014. Temuan dari penelitian ini adalah variabel laba dan arus kas berpengaruh signifikan dan dapat digunakan untuk memprediksi nilai probabilitas variabel financial Distress, yang artinya laba dan arus kas mempunyai kemampuan dalam memprediksi kondisi financial distress suatu perusahaan.

Kata Kunci : Laba, Arus kas, Financial Distress.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Almilia dan Winny Herdiningtyas, November, 2005. Analisis Rasio CAMEL terhadap Prediksi Kondisi Bermasalah pada Lembaga Perbankan Periode 2000-2002, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Volume 7, Nomor 2, Yogyakarta: UII.

Ediningsih, Sri Isworo. 2004. Rasio Keuangan dan Prediksi Pertumbuhan Laba: Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di BEJ. Wahana Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, Vol. 7, No. 1.

Elloumi, F. Dan Gueyie, J. P. 2001. Financial distress and Corporate Governance: An Emperical Analysis. Corporate Governance. Vol 1. Hal. 15-23.

Francis J. D. dan Desai A. B. 2005. Situasional and Organizational determinants of turnaround. Management Decision. Vol. 43. Hal. 1203.

McCue, M.J. 1991. The Use of Cash Flow to Analyze Financial Distress in California Hospitals. Hospital and Health Service Administration, 36: 223-241.

Purwanti, Yulia. (2005), Analisis Rasio Keuangan untuk Memprediksi Kondisi Keuangan Financial Distress Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Schuppe,whalter p (2005), “Leading a Turnaround”, The Secured Lender.

Whitaker R. B. 1999. The Early Stages of Financial Distress. Journal of Economics and Finance 23: 123-133.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.