PENGARUH KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH INDONESIA TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL (CSR DISCLOSURE) BERDASARKAN SHARIAH ENTERPRISE THEORY (Studi Empiris Bank Syariah di Indonesia)

Yulinartati Yulinartati

Sari


Perusahaan dengan keuntungan dan pertumbuhan yang tinggi akan mendapat banyak sorotan terutama dari investor. Agar sorotan tersebut mempunyai nilai lebih di mata investor maka perusahaan cenderung melakukan Tanggung Jawab Sosial (CSR). Hal yang sama dilakukan pada Bank Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas dan Pertumbuhan (Growth) Bank Syariah terhadap pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (CSR Disclosure) menurut Shariah Enterprise Theory.

Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah menurut Statistik Perbankan Syariah (Islamic Banking Statistics) yang berjumlah 11. Sampel yang digunakan adalah 7 Bank Umum Syariah yang telah mempublikasikan annual report dan laporan keuangan selama periode 2010-2013. Instrumen pengukuran CSRI menggunakan SET (Shariah Enterprise Theory). Data berupa data sekunder dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan statistik deskriptif dan regresi linier berganda dengan bantuan program PASW Statistic 18.0.

Hasil penelitian dengan menggunakan regresi linier berganda menunjukan bahwa variabel profitabilitas yang diukur dengan ROE (Return On Equity) (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap CSR Disclosure sebesar 0,190, variabel Pertumbuhan (Growth) yang diukur dengan pertumbuhan aset (Assets Growth) (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap CSR Disclosure sebesar 0,189. variabel Liabilitas yang diukur dengan Current Ratio (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap CSR Disclosure sebesar 0,114. Untuk uji parsial (t) tingkat signifikansi 0,000 untuk variabel ROE 0,01 untuk variabel Assets Growth 0,10 untuk variabel Current Ratio 0,019 ,dan uji simultan (F) diperoleh tingkat signifikan 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara parsial Profitabilitas, pertumbuhan, dan liabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap CSR Disclosure, dan secara simultan Profitabilitas dan Pertumbuhan (Growth), dan Liabilitasberpengaruh terhadap CSR Disclosure.

Kata kunci : Profitabilitas, Pertumbuhan (Growth), Liabilitas (CR), Tanggung Jawan Sosial (CSR Disclosure), Shariah Enterprise Theory.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alamsyah, Agus Rahman. 2011. Analisis Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Food and Bavarage di Bursa Efek Indonesia. Malang: STEI ASIA.

Armin, Muhammad Isra. 2010. Pengaruh Penghargaan Indonesia Sustainability Reporting Award (ISRA) terhadap Abnormal Return dan Volume Perdagangan Saham (Studi Empiris pada Perusahaan Peraih Penghargaan ISRA 2009-2010). Jurnal Akuntansi Universitas Hasanudin Makasar.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2010. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Keempat. Penerbit Universitas Diponegoro.

(http://www.academia.edu/3132941/ Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Debt to Equity Ratio Pada Perusahaan Real Estate dan Property di BEI tahun 2005-2011, di akses 26 Maret 2015)

Muhammad. 2005. Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Mulyanita, Sugesty. 2009. Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Kinerja Perusahaan Perbankan. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: Fakultas Ekonomi Universitas Lampung.

Mutia, Inten. 2010. Shari’ah Enterprise Theory sebagai Dasar Pengunggkapan Tanggungjawab Sosial Bank Syariah. Disertasi tidak diterbitkan. Malang : Program Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

Nichols, DC, dan JW. Wahlen. 2004. How Do Earnings Number Relate to Stock Returns: A Review of Classic Accountiang Research with Update Evidance. Accounting Horizons. Vol. 18 No. 4.

Saidi, Zaim dan Hamid Abidin. 2004. Menjadi Bangsa Pemurah: Wacana dan Konsep Kedermawanan Sosial di Indonesia. Jakarta: Piramedia.

Sofyan S Harahap, Wiroso dan Muhammad Yusuf. 2010. Akuntansi Perbankan Syariah. Jakarta: LPFE-Usakti.

Suharto, Edi. 2006. Pekerjaan Sosial di Dunia Industri: Memperkuat Tanggungjawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility). Bandung: Refika Aditama.

Yeye, Susilowati. 2011. Reaksi Signal Rasio Profitabilitas dan Rasio Solvabilitas terhadap Return Saham Perusahaan di Sektor Manufaktur yang terdaftas di BEI. Jurnal Dinamika dan Perbankan ISSN 1979-4878 Vol.17-37.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.