PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK, PUBLIKASI CSR TERHADAP KINERJA KEUANGAN

Sulaeman Sarmo, Muhdin Muhdin, Sri Darwini, Iwan Kusuma Negara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kinerja Lingkungan, Kepemilikan Saham Publik, Publikasi Csr Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Di BEI Tahun 2016-2018). Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini purposive sampling. Sedangkan pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan regresi berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Lingkungan, Kepemilikan Saham Publik, Publikasi CSR secara simultan maupun secara parsial tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan.  Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa untuk penelitian selanjutnya hendaknya untuk memasukkan size di dalam variable independen, karena ada indikasi berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Selain itu proksi yang digunakan untuk variable kinerja lingkungan menggunakan pemeringkatan PROPER dan CSR menggunakan indeks, sedangkan perusahaan yang diteliti perusahaan manufaktur secara keseluruhan.

Keywords


Kinerja Lingkungan, Kepemilikan Saham Publik, Publikasi CSR, Kinerja Keuangan

References


Cong, Yu and Freedman M. 2011. Corporate Governance and Environmental Performance and Disclosure. Advances in Accounting, Incorporating Advances in International Accounting Journal. Vol. 27, pp. 223-232.

Fitriani, Anis. 2013. Pengaruh Kinerja Lingkungan Dan Biaya Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Pada BUMN. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 1 Nomor 1 Januari 2013. Universitas Negeri Surabaya. SurabayaImam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 23. Edisi 8. Badan PenerbitUniversitasDiponogoro. Semarang.

Gitundu, E. W., Kiprop, S. K., Kibet, L. K., & Sifunjo. (2016). The influence of ownership structure on financial performance of privatized companies in Kenya. African Journal of Business Management, Vol. 10(4), pp. 75-88, 28 February, 2016

Jensen, M C., 1986. Agency Cost Of Free Cash Flow, Corporate Finance, andTakeover.American Economics Review. Vol 76. pp. 323-339.

Jensen, Michael C. And William H. Meckling. 1976. Theory Of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs And Ownership Structure. Journal Of Financial Economics 3 (1976) 305-360. Q North-Holland Publishing Company.

Mahiswari, R., dan Nugroho, P. I. 2014. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadapManajemenLaba dan KinerjaKeuangan. JurnalEkonomi dan Bisnis. XVII, No.1. April 2014.

Mariani, Desi. 2017. Pengaruh Penerapan Green Accounting, Kepemilikan Saham Publik, Publikasi Csr Terhadap Pengungkapan Csr Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol.6 No.2, Hal 1-20.

Minimol, dan Makesh K.G. 2014. Green Accounting And Reporting Practices Among Indian Corporates. Asia Pacific Journal of Research. Vol.1. No.14. Hal. 1-15.

Orlitzky, MFL Schimidt dan SL Rynes. 2003. Corporate Social and Financial Performance: A Metaanalysis, Organization Studies,24(3): 403-441

.

Purba. 2004. Pengaruh Proporsi Saham Publik Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Ilmiah Ranggading Vol 4 No. 2 Oktober 2004: 109 – 116

Scott, William R. 2014. Financial Accounting Theory. Fourth Edition. Usa Prentice Hall, Inc.

Siahaan, F. O. P. 2013. The Effect of Good Corporate Governance Mechanism, Leverage, and Firm Size on Firm Value. GSTF International Journal on Business Rebies (GBR). Vol. 2. No. 4.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.Alfabeta. Bandung.

Ujiyantho, Arief Muh dan Bambang Agus Pramuka. 2007. “Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan”. Simposium Nasional Akuntansi X.

http://www.idx.co.id

http://www.sahamok.com

http://www.wordpress.com




DOI: https://doi.org/10.32528/jiai.v6i1.5066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats