KLASIFIKASI KESEGARAN IKAN LEMURU BERDASARKAN CITRA MATA MENGGUNAKAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK

Vigit Tri Deco, Agung Nilogiri, Qurrota A'yun

Abstract


Ikan merupakan sumber protein yang kaya bagi tubuh manusia, ikan juga merupakan salah satu komoditas bahan pangan yang sangat digemari masyarakat. Ikan juga memiliki nilai gizi tinggi, namun ikan sangatlah mudah kehilangan kualitas kesegarannya. Kesegaran ikan adalah parameter yang sangat penting dalam menentukan sebuah kualitas sebuah ikan, salah satu ciri dari menurunnya kesegaran ikan adalah dapat dilihat dari mata ikan itu sendiri, namun untuk membedakan kesegaran itu sendiri menurut mat ajika dilihat dengan sekilas maka akan sulit untuk mengetahuinya. Maka dari itu dibutuhkanlah teknologi yang dapat mengidentifikasi kesegran ikan lemuru berdasarkan citra mata. Convolutional Neural Network (CNN) merupakan salah satau pengembangan dari algoritma multilayer percepton (MLP) yang membu mengidentifikasi sebuah gambar ataupun suara. Pada penelitian ini arsitektur CNN yang digunakan adalah VGG-16 dengan 1920 data citra mata ikan lemuru. VGG-16 memiliki 13 convolution layer dan 5 pooling layer. VGG-16 ini memiliki dua layer fully connected layer yang memiliki 4096 neuron pada setiap layer. pada layer yang terakhir terdapat pengklasifikasian dua kelas yang menggunakan aktifasi softmax. Akurasi yang didapat pada penelitian ini adalah akurasi 98,4%, sensitivitas  98,5%, dan spesifisitas 98,5%. Kesimpulannya adalah algoritma Convolutional Neural Network (CNN) yang telah dibangun relatif mampu mengidentifikasi kesegaran ikan berdasarkan citra mata dan tingkat efektivitas model mengidentifikasi kesegaran ikan berdasarkan citra mata kurang baik.


Keywords


Lemuru; Convolutional Neural Network (CNN); VGG-16

References


Anugerah, A. G. (2018). Klasifikasi Tingkat Keganasan Kanker Paru-Paru Pada Citra Computed Tomography (CT) Scan Menggunakan Metode Convolutional Neural Network. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Krizhevsky, A., Sutskever, I., & Hinton, G. E. (2012). Handbook of approximation algorithms and metaheuristics. Proceedings of the 25th International Conference on Neural Information Processing Systems - Volume 1, 1097–1105.

Kusumaningrum, T. F. (2018). Implementasi Convolution Neural Network (Cnn) Untuk Klasifikasi Jamur Konsumsi Di Indonesia Menggunakan Keras. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Nielsen, M. (2015). Neural Networks and Deep Learning. Determination Press.

Novianto, T. D., & Erawan, I. M. S. (2020). Perbandingan Metode Klasifikasi pada Pengolahan Citra Mata Ikan Tuna. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), 5, 216–223.

Nurfita, R. D., & Ariyanto, G. (2020). Implementasi Deep Learning Berbasis Tensorflow Untuk Pengenalan Sidik Jari. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 18(01), 22–27.

Perez, L., & Wang, J. (2017). The Effectiveness of Data Augmentation in Image Classification using Deep Learning. Computer Science.

Prasetyo, E., Purbaningtyas, R., Adityo, R. D., Prabowo, E. T., & Ferdiansyah, A. I. (2021). Perbandingan Convolution Neural Network Untuk Klasifikasi Kesegaran Ikan Bandeng Pada Citra Mata. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 8(3), 601.

Pujoseno, J. (2018). IMplementasi Deep Learning Menggunakan Convolutional Neural Network Untuk Klasifikasi Alat Tulis. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Putra, I. W. S. E., Wijaya, A. Y., & Soelaiman, R. (2016). Klasifikasi Citra Menggunakan Convolutional Neural Network (Cnn) Pada Caltech 101. Jurnal Teknik ITS, 5(1), 76.

Ramachandran, P., Zoph, B., & Le, Q. V. (2018). Searching for activation functions. 6th International Conference on Learning Representations, ICLR 2018 - Workshop Track Proceedings, 1, 1–12.

Saputra, R., Matulatan, T., & Hayaty, N. (2021). PENGELOMPOKAN KESEGARAN IKAN MELALUI CITRA MATA IKAN MENGGUNAKAN METODE CNN (Convolution Neural Network). Tanjung Pinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Sholihin, M., Zamroni, M. R., & Burhanuddin. (2021). Identifikasi Kesegaran Ikan Berdasarkan Citra Insang dengan Metode Convolution Neural Network. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 8(3), 1352–1360.

Uchida, K., Tanaka, M., & Okutomi, M. (2018). Coupled convolution layer for convolutional neural network. Neural Networks, 105(September), 197–205.




DOI: https://doi.org/10.32528/jasie.v3i1.9159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JASIE: Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.