KLASIFIKASI PENERIMA BANTUAN BEASISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOUR DENGAN SELEKSI FITUR BACKWARD ELIMINATION

Ikrimatul Wilda Lorenza, Reni Umilasari, Moh Dasuki

Abstract


Penelitian ini menjelaskan penggunaan algoritma K-Nearest Neighbor terhadap klasifikasi  data bantuan beasiswa. Dataset yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari SMK Darus Sholihin Puger dengan jumlah variabel 11, dengan output iya dan tidak yang diperoleh dari data bantuan beasiswa sebanyak 293 siswa, metode yang digunakan adalah K-Nearest Neighbor. Pada metode K-Nearest Neighbor dengan  nilai K= 3 mendapatkan akurasi sebesar 82,91%, presisi  84,52%, dan recall 75,45%. Sedang K-Nearest Neighbor menggunakan Backward Elimination dengan nilai K= 3 mendapatkan akurasi sebesar  83,76%, presisi 85,23%, recall 76,78%. Penentuan kriterian terhadap output data hasil menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor terhadap data SMK Darus Sholihin Puger diperoleh hasil peningkatan terbaik dengan nilai akurasi terbesar pada K= 7 yaitu 2,56%, presisi terbesar didapatkan pada K= 7 yaitu 11,16%, sedangkan recall terbesar didapatkan pada K= 9 yaitu 5,09%.


Keywords


Klasifikasi; K-Nearest Neighbor; Backward Elimination; Bantuan Beasiswa

References


Abdillah, S. (2015), “Penerapan Algoritma Decision Tree C4.5 Untuk Diagnosa Penyakit Stroke Dengan Klasifikasi Data Mining Pada Rumah Sakit Santra Maria Pemalang,” Jurnal Teknik Informatika, Vol 3(4), 1–12.

Amin, M. (2016). OPTIMASI KLASIFIKASI PENILAIAN AKREDITASI LEMBAGA KURSUS MENGGUNAKAN METODE K-NN DAN NAIVE BAYES. Technologia: Jurnal Ilmiah, 7(3).

Assrani dkk., “Penentuan Penerima Bantuan Siswa Miskin Menerapkan Metode.

Gunawan, Kesuma, R. P., & Wigati, R. R. (2013). Pengembangan Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Pemberian Beasiswa Tingkat Sekolah. JSM STMIK Mikroskil.

GERARD, E.D., 2012. Simplifying a Multiple Regression Equation. The Little Handbook of Statistical Practice,.

Laureano. M. S. R., Moro. S and Paulo. C, “A Data Mining Approach For Bank Telemarketing Using the rminer Package and R Tool.

Larose. D. T, Data Mining Methods and Models, Canada: Simultaneously in Canada, 2007.

Santosa, B. 2007. Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suyono. (2015). Analisis Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta : Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.32528/jasie.v3i1.8710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JASIE: Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.