APLIKASI PENCARIAN RUANGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY DI GEDUNG CC UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

Della Hartika Putri, Daryanto Daryanto, Agung Nilogiri

Abstract


Gedung Cc Universitas Muhammadiyah Jember mempunyai banyak ruangan yang berada dalam daerah yang cukup luas. Selain itu, rute jalan dari gedung Cc menyulitkan seseorang untuk mencapai suatu lokasi atau ruangan, dan Google Maps tidak bekerja dengan baik untuk navigasi dalam ruangan. Augmented Reality merupakan sebuah konsep pelapisan konten visual di atas visualisasi kondisi sebenarnya yang terlihat melalui sebuah kamera. Augmented reality memanipulasi perangkat mobile dengan menampilkan lapisan informasi tambahan secara visual diatas lapisan tampilan layar dalam kondisi sebenarnya dari perangkat kamera sehingga dapat berinteraksi. Dari masalah tersebut, timbul ide untuk membangun aplikasi dengan metode augmented reality menggunakan telepon genggam untuk pencarian lokasi atau ruangan di Gedung Cc Universitas Muhammadiyah Jember. Pengujian fungsionalitas system pada aplikasi yang dibuat ini dengan metode blackbox. Dalam pengujian akurasi digunakan untuk mengetahui apakah metode A* dapat menemukan jalur terpendek melalui Augmented Reality. Sehingga menghasilkan sebuah penelitian bahwa Algoritma A* berhasil diterapkan di aplikasi pencarian jalur terpendek menggunakan sistem operasi IOS atau perangkat Iphone. Dari 3 parameter pengukuran yaitu jarak real dan jarak aplikasi yang diujikan menggunakan kasus 1 dan kasus 2 didapatkan masing-masing hasil 100% dan 90% sedangkan untuk ketepatan penunjuk arah sebesar 100%.

Keywords


Ruangan; Gedung; Mobile; Augmented Reality; Black Box; Algoritma

References


Jati, M, I. (2017). Membuat Aplikasi Augmented Reality bagian 1 (Membuat License Key, Database dan Upload Marker). Retrieved August 6, 2019, from https://www.codepolitan.com/membuat-aplikasi-augmented-reality-bagian-1-membuat-license-key-database-dan-upload-marker-5852d4228d473-21874

Mahdia, F., & Noviyanto, F., (2013). Pemanfaatan Google Maps API Untuk Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Bantuan Logistik Pasca Bencana Alam Berbasis Mobile Web. Jurnal Sarjana Teknik Informatika. 1(1): 162-171.

Maramis, M. I., Lumenta A.S., & Sugiarso B. A., (2016). Augmented Reality Pada Aplikasi Untuk Memperlihatkan Gedung Fatck. E-burnal Teknik Elektro dan Komputer. 5(1): 40-48.

Priyaungga, Bayu Aji, Dwi Bayu Aji, Mukron Syahroni, Nurul Tri Sukma Aji, & Aries Saifudin. (2020). Pengujian Black Box Pada Aplikasi Perpustakaan Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi 3(3):150.

Roedavan, R. (2018). Unity Tutorial Game Engine. Bandung: Informatika.




DOI: https://doi.org/10.32528/jasie.v3i2.8694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JASIE: Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.