RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN ABJAD BERBASIS ANDROID BAGI ANAK USIA DINI

Hardian Oktavianto

Abstract


Tahapan awal untuk pendidikan atau pembelajaran bagi anak usia dini adalah di seputar mengenal huruf atau abjad, melafalkan atau mengucapkan sebuah huruf dengan benar, pengenalan angka dan pengucapannya, serta bernyanyi. Mengucapkan atau melafalkan huruf dengan benar merupakan salah satu hal yang sulit untuk anak usia dini, karena hal ini berkaitan erat dengan kebiasaan, apabila hanya mengandalkan pembelajaran ketika di sekolah saja maka waktu yang dibutuhkan cenderung lama. Smartphone merupakan salah satu produk teknologi yang dapat kita manfaatkan dalam pembelajaran anak usia dini, karena akhir - akhir ini seorang anak cenderung lebih menghabiskan waktu dengan melihat atau memainkan . Setiap kali ada waktu senggang anak akan otomatis mengaktifkan smartphone dan mengotak atik fitur yang ada didalamnya, hal ini bisa ditindaklanjuti dengan sesuatu yang positif, yaitu diarahkan untuk belajar sambil bermain smartphone. Media pembelajaran yang menarik akan mempermudah dalam rangka mengenalkan huruf dan angka bagi anak - anak usia dini, karena seperti yang kita ketahui pada umumnya bahwa setiap anak mempunyai kecepatan daya belajar dan daya tangkap yang berbeda - beda. Penelitian ini diharapkan dapat menarik perhatian anak usia dini dalam mengenal huruf abjad melalui aplikasi berbasis smartphone. Kesimpulan penelitian ini adalah, aplikasi berhasil dibuat dengan menggunakan tools appinventor. Uji simulasi melalui simulator menunjukkan bahwa aplikasi telah sesuai dan dapat berjalan pada perangkat berbasis Android. Uji fungsi yang dilakukan menunjukkan bahwa fungsi – fungsi pada aplikasi telah bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan.

Keywords


android, aplikasi pembelajaran, smartphone

References


Ahlak, K. A. 2011. Aplikasi Pembelajaran Huruf Dan Angka Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan, 24.

Bramastya, I. D. 2016. Aplikasi Edukatif Pengenalan Huruf Dan Angka Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Publikasi, 2.

Dahlia, M.Syukri, & Marmawi.R. 2013. Penerapan Metode Iqro' Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Cahaya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1-11.

Pressman, R. 2010. Software Engineering: A Practitioner's Approach. New York: McGraw-Hill.

Purwaningsih, E. 2018. Mengenal Warna, Angka, Huruf Dan Bentuk Pada Anak Usia Dini Melalui Animasi Interaktif. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 103.

Rilyani, A. I. 2018. Aplikasi Pelaporan dan Monitoring Data Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Pada Tempat Penyimpanan Sementara Berbasis Web di PT. PLN (Persero) Sektor Pengendalian Pembangkitan Bandar Lampung. Jurnal Inovtek Polbeng, 189.

Rokhim, A., & Fuad, N. 2015. Pembuatan Aplikasi Pengenalan Huruf Alfabet Untuk Anak Balita Pada Sistem Operasi Android. SPIRIT, 48.

Tampubolon, R. K. 2017. Aplikasi Multimedia Pengenalan Angka dan Abjad. eProceeding of Applied Science, (page. 686).




DOI: https://doi.org/10.32528/jasie.v2i2.8452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JASIE: Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.