APLIKASI P.O.S (POINT OF SALES) DENGAN FITUR NOTIFIKASI PIUTANG MELALUI E-MAIL DAN WHATSAPP (STUDI KASUS: TOKO FENDYMART BONDOWOSO)

Savira Ainun Mardyah Wijayantoro, Habibatul Azizah Al Faruq, Amalina Maryam Zakiyyah

Abstract


Toko Fendymart merupakan salah satu toko retail di Bondowoso yang menjual berbagai jenis barang seperti sembako, peralatan rumah tangga, kebutuhan sehari – hari, makanan ringan, minuman kaleng, es krim, sayur – mayur hingga bumbu dapur. Permasalahan yang sering terjadi di Toko Fendymart yaitu piutang pelanggan yang gagal dibayar, tercatat pada bulan Juni sampai bulan Juli 2021 ada sekitar 10 orang pelanggan yang memiliki piutang dan tidak dapat tertagih sesuai dengan batas jatuh tempo hal ini dikarenakan tidak ada pengingat untuk pembayaran piutang sesuai jatuh tempo, tentu hal tersebut dapat membuat kerugian bagi Toko Fendymart. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi P.O.S (Point Of Sales) dengan fitur notifikasi piutang melalui e-mail dan whatsapp dengan harapan dapat membantu Toko Fendymart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi sudah sesuai dengan kebutuhan dan dapat digunakan untuk kegiatan operasional di Toko Fendymart serta fitur notifikasi piutang juga telah membantu meningkatkan terbayarnya piutang pelanggan sesuai dengan jatuh tempo dengan peningkatan sebesar 18.51 % dari sebelum adanya aplikasi.

Keywords


Aplikasi Web; Aplikasi Point of Sales; Aplikasi Kasir; Notifikasi Piutang

References


Anhar. (2010). Panduan Menguasai PHP dan MYSQL secara Otodidak. Jakarta: PT Transmedia.

Az-zahra, H. M., Pinandito, A., & Tolle, H. (2015). Usability Evaluation of Mobile Application in Culinary Recommendation System, Conference: Wireless and Mobile (APWiMob), hal 89–94.

Enterprise, J. (2017). Mengenal Pemrograman PHP7 Database untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Enterprise, J. (2018). Pemrograman Database dengan Python dan MySQL. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Fatkhudin, A. (2016). Sistem Informasi Penjualan Dan Pembelian Pada Toko Elektronik Lubada Jaya Kajen Dengan Menggunakan Java, Jurnal Digit: Digital of Information Technology, 6(1), 23–36.

Faulkner, L. (2003). Beyond the five-user assumption: Benefits of increased sample sizes in usability testing, 35(3), 379–383.

Hidayat, D. D., Wikusna, W., & Telnoni, P. A. (2017). Aplikasi Inventory Barang, Pengelolaan Data Hutang-piutang Dagang Dan Prediksi Kebutuhan Barang Dengan Metode Single Exponetial Smoothing (Studi Kasus: Usaha Dagang Hada Putra), 3(2), 653–660.

Nielsen, J. (2000). Why You Only Need to Test with 5 Users, 1–5.

Pressman, R. S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku. Yogyakarta: Andi.

Sugianto, Y., & Tjandra, S. (2016). Aplikasi Point of Sale Pada Toko Retail Dengan Menggunakan Dynamic Software Development Method, 8(1), 1–8.

Sunyoto, A. (2007). AJAX Membangun Web dengan Teknologi Asynchronouse JavaScript dan XML. Yogyakarta: CV ANDI.

Sutarman. (2009). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tahir, T. Bin, Rais, M., & HS, M. A. (2019). Aplikasi Point of Sales Menggunakan Framework Laravel Point OF Sales Application using Laravel Framework, 2(2), 55–60.

Yuliyana, T., Arthana, I. K. R., & Agustini, K. (2019). Usability Testing Pada Aplikasi Potwis, 8(1), 12–22.




DOI: https://doi.org/10.32528/jasie.v3i2.8396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JASIE: Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.