PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HURUFHIJAIYAH BERBASIS ANDROID BAGI ANAK ANAK USIA DINI

Lutfi Ali Muharrom

Abstract


Bermain pada dasarnya juga merupakan proses pembelajaran yang menuntut seorang anak untuk aktif, memiliki pola pikir kreatif, mendorong daya inovatif, dapat membangkitkan rasa ingin tahu anak, serta memotivasi anak untuk berpikir kritis. Pada penelitian ini akan dilakukan pengembangan aplikasi untuk pembelajaran huruf hijaiyah yang dikhususkan bagi anak anak usia dini dengan harapan dapat memfasilitasi seorang anak untuk belajar huruf hijaiyah agar dapat lancar mengaji. Aplikasi pembelajaran huruf hijaiyah dibuat dengan bantuan appinventor sehingga dapat dijalankan pada smartphone android. Aplikasi dapat berfungsi dengan baik. Aplikasi telah sesuai dengan alur penggunaan yaitu lafal dapat terdengar ketika tombol huruf ditekan. Dari segi penerimaan, aplikasi ini termasuk mudah dalam penggunaan dan dapat langsung digunakan secara intuitif.

 

 


Keywords


android; hurufhijaiyah; aplikasi; media;pembelajaran

References


Ahlak, K. A. (2011). AplikasiPembelajaranHuruf Dan Angka Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan, 24.

Bramastya, I. D. (2016). AplikasiEdukatifPengenalanHuruf Dan Angka Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. JurnalPublikasi, 2.

Dahlia, M.Syukri, &Marmawi.R. (2013). PenerapanMetodeIqro' DalamMengenalkanHurufHijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di PaudCahaya. Jurnalpendidikan dan Pembelajaran, 1-11.

Pressman, R. (2010). Software Engineering: A Practitioner's Approach. New York: McGraw-Hill.

Purwaningsih, E. (2018). MengenalWarna, Angka, Huruf Dan Bentuk Pada Anak Usia Dini MelaluiAnimasiInteraktif. JurnalIlmuPengetahuan Dan TeknologiKomputer, 103.

Rilyani, A. I. (2018). AplikasiPelaporan dan Monitoring Data LimbahBahanBerbahaya dan Beracun Pada TempatPenyimpananSementaraBerbasis Web di PT. PLN (Persero) SektorPengendalianPembangkitan Bandar Lampung. JurnalInovtekPolbeng, 189.

Rokhim, A., & Fuad, N. (2015). PembuatanAplikasiPengenalanHurufAlfabetUntuk Anak Balita Pada SistemOperasi Android. SPIRIT, 48.

Tampubolon, R. K. (2017). Aplikasi Multimedia Pengenalan Angka dan Abjad. eProceeding of Applied Science, (pág. 686).




DOI: https://doi.org/10.32528/jasie.v2i2.5841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JASIE: Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.