SISTEM PEMESANAN SCORE FUTSAL STADIUM BERBASIS ANDROID

Harjono Harjono, Dian Wahyudi

Abstract


Olahraga merupakan kegiatan yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang agar tidak mudah sakit.  Saat ini futsal menjadi salah satu olah raga yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia dari berbagai jenis olah raga yang ada. Score Futsal Stadium merupakan sebuah bidang usaha jasa penyewaan lapangan futsal yang berada di Dukuh Waluh Purwokerto Kabupaten Banyumas. Sistem penyewaan lapangan di Score Futsal Stadium masih menggunakan cara manual. Pelanggan harus datang secara langsung untuk memesan lapangan futsal kemudian petugas mencatat identitas pelanggan yang memesan, lapangan yang dipesan, serta waktu berupa tanggal dan jam yang telah ditentukan. Pemesanan secara manual tersebut banyak dikeluhkan pelanggan,oleh karena itu diperlukan sebuah sistem yang dapat mempermudah pelanggan untuk melakukan penyewaan lapangan futsal. Penelitian ini bertujuan membangun sistem pemesanan lapangan Score Futsal Stadium berbasis android. Metode pengembangan sistem dengan menggunakan metode waterfall. Dengan adanya sistem tersebut pelanggan dapat memesan lapangan futsal lewat gadget dari mana saja. Pelanggan tidak perlu datang ke lokasi untuk  melihat jadwal yang tersedia dan melakukan pemesanan.

Keywords


Android; Futsal; Sistem Pemesanan

References


Agustian, A., Rahayu, S., & Nurlani, L. (2018). Aplikasi E-Futsal dengan Metode Mobile-GIS dan GPS Berbasis Android. Jurnal Teknologi Rekayasa, 3(1).

Ameldi, R., & Ahsyar, T. K. (2018). Sistem Informasi Reservasi Lapangan Futsal Berbasis Android Pada Lapangan Futsal. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manejemn Sistem Informasi, 4(1), 81–90.

Erwanto, H., & Monalisa, S. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Fitness Berbasis Web dan SMS Gateway pada Rajawali Fitness Pekanbaru. Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 14(1), 72–78.

Fatoni, F., & Susanto, H. (2017). Sistem Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Mobile Android. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 6(1), 44–50. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v6i1.48.

Gunawan, H., & Anggianto, Y. (2016). PEMANFAATAN TEKNOLOGI MOBILE UNTUK PEMESANAN LAPANGAN BERBASIS ANDROID ( Studi Kasus : Orion Sport Center Purwokerto ). Jurnal Media Aplikom, 7(2), 24–29.

Jubilee Enterprise. (2015). Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Android. PT. Elex Media Komputindo.

Jubilee Enterprise. (2017). PHP Komplet. PT. Elex Media Komputindo.

Nurchmawati, V., & Lumba, E. (2017). Pengembangan Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Android Studi Kasus : Hanggar Futsal Pancoran. Kalbis Scientia: Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(1), 82–95.

Rezaei, S., & Ameen, H. K. (2020). Analyzing the Futsal Strategic Plan in Sulaymaniyah Province and Providing Management Solutions. Annals of Applied Sport Science, 8(1).

Sarosa, M., Nurohmansah, V., Permana. W. I., & Heru, Y. (2018). On The Design of Web-Based Information and Booking System for Futsal Field Rental Business. International Journal of Computer Applications Technology and Research, 7(6), 225–230.

Subagia, A. (2018). Kolaborasi Codeigniter dan Ajax dalam Perancangan CMS. PT. Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.32528/jasie.v3i1.5419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JASIE: Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.