Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Tari Tradisional Lahbako
Abstract
Jember adalah kota di Jawa Timur yang terkenal dengan sejarah, cerita, budaya, dan seni yang menarik untuk dipelajari. Salah satu buktinya adalah adanya tarian tradisional Lahbako. Namun, penelitian ini menemukan bahwa minat anak-anak dalam mempelajari tari tradisional Lahbako masih rendah. Selain itu, media cetak, media massa, dan media internet hanya mampu menampilkan gambar atau video tanpa melibatkan interaksi pengguna. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan judul “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Seni Tradisional Lahbako” menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap yaitu: konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan pendistribusian . Pengujian dilakukan dengan metode Black Box untuk mengukur kegunaan, dengan hasil menunjukkan bahwa fitur-fitur yang diuji memenuhi harapan dan mendapatkan persentase 83% dari 15 responden. Analisis yang dilakukan mencakup analisis tingkat penggunaan dan analisis profesional.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Konsep Sistem Saraf. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 47.
Dalimunthe, H. F., & Simanjuntak, P. (2023). Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality. Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), 9(2).
Dewi, E. R., Samudi, S., Hasmirati, H., Sujariati, S., & Hartawat, A. S. I. i. (2023). Pengelolaan Digitalisasi Belajar Melalui Literasi Terpadu. Journal Of Training And Community Service Adpertisi (JTCSA), 3(2), 36–45. https://doi.org/10.62728/jtcsa.v3i2.451
Firdaus, M. B., Arifin, Z., & Priatna, R. W. (2021). Testing The Augmented Reality Functional Suitability Of Wood As Raw Materials For Typical Crafts Of East Borneo. JTKSI (Jurnal Teknologi Komputer dan Sistem Informasi), 4(3), 109-115.
Feoh, G., & Wiryadikara, R. P. (2019). Pengujian Functional Suitability Pada Implementasi Pembelajaran Aksara Bali Berbasis Augmented Reality. In Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA) (Vol. 2).
Nabila, S. F. 2022. Pengenalan Tari Lahbako Sebagai Bentuk Kepedulian Budaya Lokal Jember. Universitas Jember.
Nahak, H. M. (2019). Upaya melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65-76.
Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).
Sungkono, S., Apiati, V., & Santika, S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459-470.
Santoso, I., & Karim, S. A. (2019). Rancang Bangun Knowledge Management System Politeknik Statistika STIS. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 4(2), 112-119.
DOI: https://doi.org/10.32528/jasie.v6i2.22859
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Elektronika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.