OPTIMASI METODE MULTINOMIAL NAÏVE BAYES DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEVENSHTEIN DISTANCE PADA ULASAN APLIKASI KAI ACCESS

Muhammad Ivan Fariz, Deni Arifianto, Yeni Dwi Rahayu

Abstract


KAI Access merupakan aplikasi untuk mempermudah pengguna dalam mengakses layanan dan informasi terkait tiket perjalanan kereta api. KAI Access memiliki fitur ulasan beraneka ragam yang merupakan wadah bagi pengguna untuk memberikan feedback. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis sentimen terhadap data ulasan KAI Access sejumlah 8713 data ulasan. Metode yang digunakan yaitu multinomial naïve bayes dan metode levenshtein distance. Dari kombinasi metode tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil klasifikasi. Seluruh data akan dilakukan pemodelan menggunakan metode K Fold Cross Validation dengan nilai k=2,3,4,5,6,7,8,9 dan 10. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan multinomial naïve bayes diperoleh nilai tertinggi yaitu akurasi sebesar 92%, tingkat presisi sebesar 60% dan tingkat recall sebesar 45%. Sedangkan kombinasi metode multinomial naïve bayes-levesnhtein distance mangalami peningkatan pada pengujian K-ke 9 yang awalnya menggunakan multinomial naïve bayes saja mendapatkan nilai akurasi 83%, presisi 59% dan recall 44%, kemudian meningkat ketika menggunakan kombinasi metode levenshtein distance sebesar akurasi 84%, presisi 60% dan recall 46%. Proses pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa optimasi multinomial naïve bayes menggunakan levenshtein distance meningkatkan hasil akurasi, presisi dan recall sebesar 1-2%.

Keywords


KAI Access; Analisis Sentimen; Multinomial Naïve Bayes; Levenshtein Distance

References


Haditira, R., Murdiansyah, D. T., & Astuti, W. (2022). Analisis Sentimen Pada Steam Review Menggunakan Metode Multinomial Naïve Bayes dengan Seleksi Fitur Gini Index Text. e-Proceeding of Engineering, 9(3), 1793–1799.

Izunnahdi, M., Aburrahman, G., & Eko Wardoyo, A. (2023). Sentimen Analisis Pada Data Ulasan Aplikasi KAI Access Di Google PlayStore Menggunakan Metode Multinomial Naive Bayes Sentiment Analysis on KAI Access Application Review Data on Google PlayStore Using Multinomial Naive Bayes Method. Jurnal Smart Teknologi, 4(2), 192–198. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JST

Lestari, S., & Saepudin, S. (2021). Analisis Sentimen Vaksin Sinovac Pada Twitter Menggunakan Algoritma Naive Bayes. SISMATIK (Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Manajemen Informatika), 163–170.

Pamungkas, S., & Darmawan, J. B. B. (2022). Klasifikasi Sentiment Tweet Pelanggan IndiHome Selama Pandemi Covid-19 Menggunakan Algoritma Multinomial Naive Bayes. SNESTIK Seminar Nasional Teknik Elektro, 339–344.

Pandunata, P., Ananta, C. K., & Nurdiansyah, Y. (2022). Analisis Sentimen Opini Publik Terhadap Pekan Olahraga Nasional Pada Instagram Menggunakan Metode Naïve Bayes Classififer. INFORMAL: Informatics Journal, 7(2), 146–156.

Rosmala, D., & Risyad, Z. M. (2018). Algoritma Levenshtein Distance dalam Aplikasi Pencarian isu di Kota Bandung pada Twitter. MIND Journal, 2(2), 1–12.

Septian, J. A., Fachrudin, T. M., & Nugroho, A. (2019). Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Polemik Persepakbolaan Indonesia Menggunakan Pembobotan TF-IDF dan K-Nearest Neighbor. Journal of Intelligent System and Computation, 1(1), 43–49.

Suwondo, A., Sarana, & Marjan, F. I. (2017). Analisis Pengaruh E-Kepuasan pelanggan terhadap E-Loyalitas pelanggan KAI Access Berdasarkan E-SERVQUAL pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IV Semarang. Sentrinov, 3, 338–360.

Yuyun, Hidayah, N., & Sahibu, S. (2021). Algoritma Multinomial Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Sentimen Pemerintah Terhadap Penanganan Covid-19 Menggunakan Data Twitter. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 5(4), 820–826.




DOI: https://doi.org/10.32528/jasie.v5i1.20990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.