ANALISIS DAN PENGEMBANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE BERBASIS METODE LEAN UX PADA APLIKASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK MOBILE

Muhammad Rivansyah, Deni Arifianto, Wiwik Suharso

Abstract


SIA UMJ Mobile adalah aplikasi sistem informasi akademik berbasis mobile merupakan aplikasi sistem informasi  akademik android yang dimiliki universitas Muhammadiyah Jember yang untuk membantu mencari informasi yang berkaitan dengan perkuliahan yang bisa diakses di manapun, kapanpun. Aplikasi ini telah dilakukan pre-research kepada 99 responden pengguna aplikasi dan menggunakan metode perhitungan UEQ (User Experience Questionnaire) dan menghasilkan nilai mean skala UEQ yaitu Attractiveness (0,414), Perspicuity (0,528), Effeciency (0,381), Dependability (0,326), Stimulation (0,109), Novelty (-0,013) yang apabila di ukur dengan mean rata rata perhitungan berbagai kumpulan data analisis tools UEQ adalah bad atau buruk. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan meningkatkan nilai mean UEQ dengan melakukan redesign yang berdasarkan asumsi oleh ahli design dengan menggunakan metode Lean UX. Lean UX ialah metode berpusat pada UX yang berfokus pada pemangkasan proses yang tidak dibutuhkan dalam siklus pengembangan yang dihasilkan. Penerapan metode Lean UX meliputi Declare asumptions, create minimum viable product, run on experiments, feedback research. Hasil dari perbaikan menggunakan metode Lean UX yang telah dilakukan redesign mendapatkan nilai mean UEQ yaitu Attractiveness (1,714), Perspicuity (1,674), Effeciency (1,556), Dependability (1,614), Stimulation (1,417), Novelty (0,985) yang dapat dibandingkan dengan berbagai data di tools UEQ bernilai good.


Keywords


SIA UMJ Mobile; UEQ; Lean UX; Redesign

References


Anggara, D. A., Harianto, W., & Aziz, A. (2021). Prototipe Desain User Interface Aplikasi Ibu Siaga Menggunakan Lean Ux. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi 4: 58–74.

Darmayanti, Y. I. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Android Studi Kasus Teknik Informatika ITN Malang. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika 1 (2): 17–22.

Rabbanii, I., Brata, A. H., & Brata, K.C. (2019). Penerapan Metode Lean UX Pada Pengembangan Aplikasi Bill Splitting Menggunakan Platform Android. Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komputer 3 (7): 6831–36.

Rofik, A. K., Sagirani, T., & Wulandari, H. E. (2020). Desain Prototipe Pada Startup Talentku Menggunakan Metode Lean UX Startup. Jurnal Teknologi Dan Terapan Bisnis, 3(2), 49–59.

Tech Target, (2019). Financial Application. Tersedia pada: https://searcherp.techtarget.com/definition/financial-application.




DOI: https://doi.org/10.32528/jasie.v4i2.19025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JASIE: Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.