PENGEMBANGAN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) PADA HALAMAN WEB ESTUDY UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Gatot Susanto, Deni Arifianto, Amalina Maryam Zakiyyah

Abstract


eStudy Universitas Muhammadiyah Jember merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang menggunakan internet untuk membantu mahasiswa dan dosen dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, mengumpulkan tugas, bimbingan, dan lainlain. Setelah dilakukan pre-reseach dengan metode perhitungan System Usability Scale (SUS), ditemukan bahwa eStudy Universitas Muhammadiyah Jember mendapatkan skor 48,76. Skor ini termasuk Acceptabilty Range kategori Not Acceptable atau tidak dapat diterima, Grade Scale dengan nilai F, dan Adjective Rating kategori Poor dalam metode perhitungan SUS. Oleh karena itu, peneliti berupaya meningkatkan skor SUS dengan cara mengubah User Interface menggunakan pendekatan Design Thinking. Design Thinking adalah metode kolaborasi yang mengumpulkan banyak ide dari disiplin ilmu untuk mendapatkan sebuah solusi dari suatu permasalahan. Tahapan pada metode Design Thinking adalah empathize, define, idieate, prototype dan testing. Hasil dari menerapkan pendekatan Design Thinking pada tahap testing adalah tampilan User Interface eStudy yang baru mendapatkan skor 81,79, skor ini masuk dalam kategori Acceptable atau dapat diterima, Grade Scale dengan nilai B, dan Adjective Rating kategori Good.

Keywords


Estudy Universitas Muhammadiyah Jember; System Usability Scale; Design Thinking

References


Averushyd Juliansyah, I., & Paputungan, I. V. (2022). Perancangan User Experience Pada Website Penjualan Kerajinan Tangan Dengan Metodologi Design Thinking. Automata, 3(1).

Fariyanto, F., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 52–60. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Ilham, H., Wijayanto, B., & Rahayu, S. P. (2021). Analysis and Design of User Interface/User Experience With the Design Thinking Method in the Academic Information System of Jenderal Soedirman University. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 2(1), 17–26. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2021.2.1.30

Lestari, I. T., Dian Permata Sari, & Rian Andrian. (2022). Redesign User Interface Aplikasi Ipusnas Berdasarkan User Experience Dengan Metode Design Thinking. Jurnal Ilmiah Betrik, 13(2), 120–129.

https://doi.org/10.36050/betrik.v13i2.485

Reynaldi, V. K., & Setiyawati, N. (2022). Perancangan UI/UX Fitur Mentor On Demand Menggunakan Metode Design Thinking Pada Platform Pendidikan Teknologi. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 07(03), 835–349.




DOI: https://doi.org/10.32528/jasie.v4i2.17466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JASIE: Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor