ANALISIS USER EXPERIENCE PADA WEBSITE BUILDWITH ANGGA MENGGUNAKAN METODE COGNITIVE WALKTHROUGH

Afrian Piesca Firmanda, Ulya Anisatur Rosyidah, Ari Eko Wardoyo

Abstract


Saat ini user experience (UX) dianggap sebagai faktor kunci keberhasilan hampir semua produk. Untuk itu diperlukannya penilaian atau evaluasi pada usability pada Website yang akan diteliti yaitu BuildWith Angga, salah satunya dengan menggunakan metode iCognitive Walkthrough. Cognitive Walkthrough merupakan metode evaluasi yang berbasis teori tentang kegunaan dalam antarmuka. Metode ini berkonsentrasi pada kemudahan belajar dengan eksplorasi, dimana pengguna atau responden mencoba melakukan skenario tugas dengan teknik coba - coba. Responden pada analisis usability website BuildWith Angga sejumlah 10 responden yang dibagi menjadi 2 jenis, yaitu yang pernah membeli kelas premium BuildWith Angga dan yang belum pernah membeli dan mencoba website BuildWith Angga. Hasil Pengujian ini menunjukkan bahwa tingkat efektivitas memiliki nilai rata - rata 98,09% dan efisiensi memiliki nilai rata - rata 64,45%. Rekomendasi perbaikan pada situs web BuildWith Angga yaitu perbaikan pada Pengoptimalan kecepatan saat membuka laman website buildwithangga.com di halaman dashboard, Penggunaan bahasa ada laman web memakai 1 bahasa agar lebih konsisten, dan tombol all roadmap yaitu pewarnaan pada shape lebih kontras serta posisinya diubah secara presisi.

Keywords


BuildWith Angga; User Experience; Usability; Cognitive Walkthrough

References


Albert, B., & Tullis, T. (2022). Measuring the User Experience: Collecting, Analyzing, and Presenting UX Metrics. Morgan Kaufmann.

Ardyani, S. A. (2020). Analisis User Experience dan Redesain Website My Permata Wisata dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer Dan Aplikasinya, 1(1), 478–490.

Bligård, L.-O., & Osvalder, A.-L. (2013). Enhanced cognitive walkthrough: Development of the cognitive walkthrough method to better predict, identify, and present usability problems. Advances in Human-Computer Interaction, 2013, 9.

Kurniawan, A., Rokhmawati, R. I., & Rachmadi, A. (2018). Evaluasi User Experience dengan Metode Heuristic Evaluation dan Persona (Studi pada: Situs Web Dalang Ki Purbo Asmoro). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(8), 2918–2926.

Minge, M., Thüring, M., & Wagner, I. (2016). Developing and validating an English version of the meCUE questionnaire for measuring user experience. Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society Annual Meeting, 60(1), 2063–2067.

Nielsen, J. & Budiu, R. (2021). Success Rate: The Simplest Usability Metric. Engineering. https://www.nngroup.com/articles/success-rate-the-simplest-usability-metric/, diakses 05 Maret 2023.

Putra, T.A.M., Wijoyo, S.H., & Rokhmawati, R.I. (2019). Evaluasi User Experience Pada Social Application Mobile HAGO Menggunakan Metode Enhanced Cognitive Walkthrough. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(7), 6721–673.

Rauterberg M. 2006. Usability engineering evaluation method. http://www.idemployee.id.tue.nl/g.w.m.rauterberg/lecturenotes/JFSlecture/JFS-USI-primer-8.pdf

Ulwan, M. (2017). Usability Evaluation Pada Web Perpustakaan Universitas Jember Menggunakan Cognitive Walkthrough (Doctoral dissertation, FAKULTAS ILMU KOMPUTER).

Zidny, I. (2016). User Experience dan User Interface. http://uxindo.com/user-experience-dan-user-interface/ [Diakses 08 Maret 2023]




DOI: https://doi.org/10.32528/jasie.v5i1.17123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JASIE: Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Elektronika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor