http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/J-Proteksion/issue/feedJ-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin2023-02-26T10:29:58+00:00Asroful Abidinasrofulabidin@unmuhjember.ac.idOpen Journal Systems<table class="data" width="100%" bgcolor="#f0f0f0"><tbody><tr valign="top"><td width="20%">Journal title</td><td width="80%"><strong> J-Proteksion : Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin</strong></td></tr><tr valign="top"><td width="20%">Abbreviation</td><td width="80%"> <strong>J-Proteksion</strong></td></tr><tr valign="top"><td width="20%">Frequency</td><td width="80%"><strong> 2 issues per year (February and August)</strong></td></tr><tr valign="top"><td width="20%">Type of Review</td><td width="80%"><strong> Double Blind Review <a href="/index.php/J-Proteksion/about/editorialPolicies#peerReviewProcess" target="_blank">(more information)</a></strong><strong><br /></strong></td></tr><tr valign="top"><td width="20%">Print ISSN</td><td width="80%"> <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1458612505&1&&" target="_blank"><strong>2528-6382</strong></a></td></tr><tr valign="top"><td width="20%">Online ISSN</td><td width="80%"> <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1475124064&1&&" target="_blank"><strong>2541-3562</strong></a></td></tr><tr valign="top"><td width="20%">Editor-in-chief</td><td width="80%"> <a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=HmAzRYUAAAAJ&hl=id" target="_blank"><strong>Asroful Abidin</strong></a></td></tr><tr valign="top"><td width="20%">Editorial Team and Reviewer</td><td width="80%"> <span><strong>See</strong> </span><a href="/index.php/J-Proteksion/about/editorialTeam" target="_blank">Editorial Team</a> <strong>and see </strong><a href="/index.php/J-Proteksion/about/displayMembership/99" target="_blank">Reviewer</a></td></tr><tr valign="top"><td width="20%">Publisher</td><td width="80%"> <a href="/" target="_blank"><strong>Universitas Muhammadiyah Jember</strong></a></td></tr><tr valign="top"><td width="20%">Citation Analysis</td><td width="80%"> <strong><a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=xRHw0FYAAAAJ&hl=id" target="_blank">Google Scholar</a> | <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/detail?id=6475" target="_blank">Sinta</a> <strong>|</strong> <strong><a href="https://app.dimensions.ai/discover/publication?search_mode=content&search_text=j-proteksion&search_type=kws&search_field=full_searchhttps://app.dimensions.ai/discover/publication?search_mode=content&search_text=j-proteksion&search_type=kws&search_field=full_search&and_facet_source_title=jour.1387096" target="_blank">Dimensions</a> | <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/17556" target="_blank">Garuda</a></strong></strong></td></tr></tbody></table><p>J-Proteksion : Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin is the publication of the Mechanical Engineering Program at the Faculty of Engineer, Muhammadiyah Jember University in the form of periodically printed (p-ISSN:2528-6382) and electronic (e-ISSN: 2541-3562) writings, and contains articles in mechanical engineering field that include energy conversion, energy management, manufacture, failure analysis, control system, corrosion analysis, renewable energy, and material science. First published in 2016.</p><p><em>J-Proteksion : Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember, dan diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Jember secara berkala (p-ISSN:2528-6382) dan (e-ISSN: 2541-3562). Artikel yang termuat adalah artikel hasil penelitian asli dan komprehensif dari kontributor yang telah melalui tahap review dalam bidang teknik mesin yang mencakup konversi energi, manajemen energi, manufaktur, analisis kegagalan, sistem kontrol, analisis korosi, energi terbarukan, dan ilmu material. Pertama kali terbit pada tahun 2016.</em></p><p> </p>http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/J-Proteksion/article/view/8306Pengurangan Gangguan Akibat Kegagalan Pengukuran Vibrasi pada Primary Air Fan (PAF) di PLTU Jateng 2 Adipala Operation and Maintenance Services Unit2023-02-26T10:29:44+00:00Isra' Nuur Darmawanisra.nuur.darmawan@unwiku.ac.idKholistianingsih Kholistianingsihkholistianingsih@unwiku.ac.idAgus Purwantopurwantoagus416@gmail.comPriyono Yuliantopriyonoyulianto@unwiku.ac.idSusatyo Adhi Pramonosusatyoadhipramono@gmail.com<p>Vibrasi adalah gerakan suatu massa atau benda terhadap suatu posisi yang diam. Secara visual vibrasi adalah gerakan bolak balik dari suatu mesin, yang dapat dirasa dengan tangan atau oleh seluruh tubuh kita, dikenal sebagai getaran. Untuk menjaga agar suatu mesin dapat beroperasi dengan optimal, salah satu nya adalah dengan menerapkan sistem <em>monitoring</em> dan proteksi terhadap pembacaan vibrasi pada mesin tersebut. PLTU Jateng 2 Adipala OMU sering terjadi gangguan vibrasi pada peralatan utama PLTU, tepatnya terjadi pada <em>Primary Air Fan</em> (PAF) sehingga mengakibatkan PAF <em>trip</em>. Hal ini sangat merugikan bagi kinerja PLTU karena akan terjadi <em>derating</em> dan mengurangi produksi energi listrik. Berdasarkan pengamatan dalam studi kasus ini maka untuk mengurangi gangguan vibrasi yang diakibatkan oleh kegagalan pengukuran vibrasi pada PAF dilakukan analisa modifikasi <em>logic protection trip</em> dan pemantauan rutin secara <em>real time </em>maupun terjadwal. Pada tahun 2020 terjadi kehilangan jam produksi sebesar 124,69 jam yang disebabkan oleh gangguan vibrasi PAF dan turun menjadi 5,6 jam pada tahun 2021 setelah dilakukan modifikasi <em>Logic Protection Trip </em>PAF.</p>2023-02-26T10:29:44+00:00Copyright (c) 2023 J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesinhttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/J-Proteksion/article/view/8927Analisa Perancangan dan Pengujian Kendaraan Listrik Roda Dua dengan Variasi Pembebanan2023-02-26T10:29:46+00:00Dwi Djoko Surantodwi_joko@polije.ac.idSaiful Anwarsaiful_anwar@polije.ac.idMochammad Nuruddinm_nuruddin@polije.ac.idAhmad Rofi'irofii@polije.ac.idAlex Taufiqurrohman Zainalextaufiqurrohman@polije.ac.id<p>Kendaraan listrik memiliki prospek yang menjanjikan untuk dikembangkan. Kendaraan listrik tipe <em>Battery Electric Vehicle</em> (BEV) dan <em>Plug-in Hybrid Electric Vehicle</em> (PHEV) dapat menjadi solusi terkait ketergantungan terhadap sumber energi fosil serta emisi gas buang. Khusus untuk tipe BEV, perkembangan di Indonesia sudah pesat. Tahapan metode penelitian ini, dimulai dengan menentukan mitra kerja sama dari dunia usaha dan industri. Berikutnya adalah merancang, dan memperhitungkan desain <em>prototype</em> kendaraan listrik roda dua. Desain <em>proto</em><em>t</em><em>ype</em> selanjutnya diwujudkan melalui pabrikasi komponen rangka dan <em>body</em> di PT. Manufactur Dynamic Indonesia sebagai mitra. Kendaraan listrik roda dua yang akan dikembangkan akan dilengkapi dengan sistem kendali motor listrik. Selanjutnya, pengujian dengan memberikan variasi pembebanan dilakukan pada penelitian ini. Hal ini dilakukan untuk mengetahui performa kendaraan listrik dan baterai yang digunakan. Sepeda motor listrik yang telah berhasil dirancang dan dikembangkan menggunakan penggerak motor listrik tipe BLDC 1 Kw. Dengan dilengkapi dengan beberapa komponen, meliputi: Baterai Lithium ion 18650 yang dirangkai seri paralel; <em>Controller</em> untuk motor listrik; <em>Handle gas</em>; <em>Display indicator</em>; Lampu penerangan dan lampu indikator; <em>Handle rem </em>dengan <em>switch</em>. Dengan beban <em>driver</em> yang paling ringan (50 kg), didapatkan jarak tempuh yang paling jauh 17 km dan waktu tempuh yang paling lama pula yakni 47 menit. Beban <em>driver</em> 55 kg, didapatkan jarak tempuh 15,94 km dan waktu tempuh 38 menit. Sedangkan untuk beban <em>driver</em> 60 kg adalah 12,71 km dan 37 menit. Dengan jarak tempuh paling jauh dan waktu tempuh yang paling lama, pengujian dengan beban <em>driver </em>50 kg juga memiliki penurunan tegangan baterai yang paling besar, yakni 3,6 Volt. Sedangkan pada pengujian beban <em>driver </em>55 kg dan 60 kg adalah 3,3 Volt dan 3,15 Volt.</p>2023-02-26T10:29:46+00:00Copyright (c) 2023 J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesinhttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/J-Proteksion/article/view/9009Uji Performa dan Konsumsi Bahan Bakar RON 90 dengan Penambahan Bioetanol dari Tetes Tebu2023-02-26T10:29:47+00:00Dani Hari Tunggal Prasetiyodani.hari59@gmail.comAngga Prasmanaanggaprasmana1928@gmail.comFajar Rahmanfajarrahman819@gmail.comLailul Ilhamlailulilham311@gmail.comWahid Hamdanihamdaniwahid9@gmail.comBagus Adi Prasetyobagusadiprasetyo624@gmail.com<p class="abstrak">Kemajuan teknologi yang sangat cepat di era 4.0 menyebabkan kebutuhan energi semakin meningkat. Salah satu kemajuan teknologi dapat kita amati pada alat transportasi. Saat ini alat transportasi masih mengandalkan sumber energi fosil. Jika sumber energi fosil terus menerus di eksploitasi maka akan menimbulkan dampak krisis energi di masa mendatang. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi krisis energi adalah penggunaan bioetanol. Bioetanol merupakan bahan bakar alternatif yang dapat diperoleh bahan baku nabati salah satunya tetes tebu. Pada penelitian ini bioetanol digunakan sebagai campuran bahan bakar tipe bensin dengan jenis pertalite untuk mengetahui performa dan konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan bioetanol meningkatkan daya efektif dan torsi pada komposisi campuran 15%. Daya efektif dan torsi tertinggi masing-masing sebesar 8,6 hp dan 8.8 N.m pada putaran mesin 5.000 rpm. Namun, komposisi bahan bakar dengan pencampuran 15% bioetanol menghasilkan konsumsi bahan bakar tertinggi sebesar 34,15 ml/menit pada putaran mesin 8.000 rpm.</p>2023-02-26T10:29:47+00:00Copyright (c) 2023 J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesinhttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/J-Proteksion/article/view/9165Simulasi dan Validasi Panel Surya dengan Kolektor Pemanas Udara: Studi Pengaruh Jarak Lapisan Tedlar dan Insulation Panel2023-02-26T10:29:48+00:00Mega Lazuardi Umarmegalazuardiumar@poliwangi.ac.idRochmad Eko Prasetyaning Utomorochmad@poliwangi.ac.idI Gusti Ngurah Agung Satria Prasetya Dharma Yudhasatris88@gmail.comAhmad Arbi Trihatmojotrihatmojo@aknpacitan.ac.idRizqi Ilmal Yaqinr.ilmalyaqin@politeknikkpdumai.ac.idAgung Fauzi Hanafiagung@poliwangi.ac.id<p class="abstrak">Ide dari penelitian ini adalah memanfaatkan energi panas yang terbuang dari panel surya dengan cara menambahkan kolektor panas yang diletakkan di bawah panel surya, sehingga tercapai dua jenis energi yang keluar dari panel surya yaitu listrik dan panas. Untuk mencapai efisiensi dan luaran yang optimal, tentu saja dibutuhkan sistem konfigurasi panel surya dengan kolektor panas yang optimal, salah satu caranya adalah dengan memodifikasi jarak antara lapisan tedlar dan insulation panel. Penelitian ini fokus melakukan simulasi dengan bantuan <em>software</em> matlab/Simulink dan validasi eksperimen terkait pengaruh gap terhadap efisiensi dan energi luaran dari panel surya. Hasil validasi menunjukkan nilai galat yang baik dan berdasarkan perhitungan <em>primary energy</em> efisiensi tertinggi, jarak lapisan tedlar dan insulation panel terbaik adalah 1 cm.</p>2023-02-26T10:29:48+00:00Copyright (c) 2023 J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesinhttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/J-Proteksion/article/view/9235Variasi Waktu dan Tekanan Injeksi terhadap Perubahan Berat Produk Corong pada Cetak Plastik Sistem Injeksi2023-02-26T10:29:50+00:00Sulistyono Sulistyonosulistyono@polinema.ac.idAgus Daniagus.dani@polinema.ac.id<p class="abstrak">Menurut kementerian perindustrian penggunaan produk plastik masih relatif tinggi di berbagai bidang manufaktur seperti industri bidang kemasan produk makanan dan minuman, bidang kosmetik, bidang elektronik, dan bidang otomotif. Tingginya penggunaan produk plastik karena plastik mempunyai beberapa keunggulan seperti ringan, tahan korosi, mudah dibentuk, dan murah harganya. Kecenderungan konsumen lebih memilih menggunakan produk plastik menyebabkan produsen bersaing ketat untuk memenuhi permintaan konsumen. Produsen sebagai penghasil produk utama plastik berusaha meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh parameter waktu injeksi dan tekanan injeksi terhadap berat produk corong (<em>funnel</em>) dengan menggunakan plastik jenis <em>polypropylene</em>. Metode untuk pengambilan data adalah eksperimen. Penelitian ini menggunakan variabel bebas waktu injeksi dan tekanan dengan variasi waktu injeksi 5 detik, 6 detik, dan 7 detik. Sedangkan variasi tekanan injeksi adalah 36 bar, 37 bar, 38 bar, 39 bar, dan 40 bar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel bebas waktu injeksi 7 detik dan tekanan injeksi 40 bar berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat berat produk corong.</p>2023-02-26T10:29:50+00:00Copyright (c) 2023 J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesinhttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/J-Proteksion/article/view/8665Pengaruh Perlakuan Pemanasan terhadap Kekuatan Tarik Komposit Serat Daun Nanas dengan Metode Vacuum Infusion2023-02-26T10:29:51+00:00Mohamad Irkham Mamungkasirkham@umm.ac.idHeni Hendaryatiheni@umm.ac.idMurjito Murjitomurjito@umm.ac.id<p class="abstrak">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan tarik dari pemberian perlakuan pemanasan dan lama waktu pemanasan pada serat nanas terhadap sifat mekanik komposit. Komposit yang digunakan pada jenis ini adalah menggunakan komposit serat alam, yaitu serat nanas. Sifat mekanik yang diukur pada penelitian ini adalah kekuatan tarik. Dengan pemberian <em>treatment</em> pada komposit diharapkan kekuatan tarik akan meningkat. Metode pembuatan spesimen komposit dengan metode <em>vacuum infusion</em> menggunakan standar uji tarik <em>ASTM D-683-03. </em>Variabel bebas dalam penelitian ini adalah temperatur pemanasan dan waktu pemanasan. Variasi temperatur pemanasannya adalah 70°C, 80°C, dan 90°C. Sedangkan untuk waktu pemanasan dimulai dari 1 jam, 2 jam, hingga 3 jam. Perlakuan pemanasan dan lamanya pemanasan terhadap serat dilakukan setelah serat diberi alkalisasi dengan menggunakan NaOH. Hasil yang didapat dari penelitian ini bahwa<em> </em>kekuatan tarik yang tertinggi didapat pada variasi temperatur pemanasan 70°C dan waktu pemanasan selama 2 jam, yaitu sebesar 1,493 Mpa.</p>2023-02-26T10:29:51+00:00Copyright (c) 2023 J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesinhttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/J-Proteksion/article/view/9285Pengaruh Parameter Proses terhadap Kuat Tarik Produk Hasil 3d Printing Menggunakan Filamen ASA (Acrylonitrile Styrene Acrylate)2023-02-26T10:29:53+00:00Wahyu Riyan Saputrawizamrafif@gmail.comZaldy Sirwansyah Suzensyahdika99@gmail.comPristiansyah Pristiansyahpristiansyah@polman-babel.ac.id<p><em>3D Printing is an additive manufacturing technique that can be used to convert computer aided design (CAD) data and then print it by adding material layer by layer to form a 3D product. The FDM system is used for a 3D testing system because it is easy to use, the FDM system is also used as a rapid prototyping for making prototypes with polymer as the material. In this study the filament used was ASA (Acrylonitrile Styrene Acrylate) filament, the method used in this research to optimize process parameters was the Taguchi L9 OA method. The process parameters used are nozzle temperature, bed temperature, print speed, colling speed. This study aims to determine the tensile test stress strength of 3D printing product materials made from ASA (Acrylonitrile Styrene Acrylate) filaments with different parameters using the taguchi method and to find out how influential they are in printing with ASA filaments. The results showed that the optimal parameters for the tensile test using ASA (Acrylonitrile Styrene Acrylate) filaments were: nozzle temperature (240°C), bed temperature (50°C), print speed (60mm/s), colling speed (50°C) .</em></p>2023-02-26T10:29:53+00:00Copyright (c) 2023 J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesinhttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/J-Proteksion/article/view/9331Analisis Kekuatan Impact Komposit Polyester Berpenguat Kombinasi Serat Batang Bambu dan Serat Daun Pandan Bali2023-02-26T10:29:54+00:00I Gede Made Aditya Tresnajayatresnajayaa@gmail.comI Nyoman Pasek Nugrahapaseknugraha@undiksha.ac.idI Gede Wiratmajawiratmaja@undiksha.ac.id<p class="Afiliasi">Penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan <em>impact</em> dari masing-masing tipe fraksi volume spesimen. Dengan perbandingan 24% komposit <em>polyester</em> dan 16% serat alami sebagai <em>reinforcement</em> dengan fraksi volume kombinasi serat 24% bambu: 16% pandan Bali, 20% bambu: 20% pandan Bali, dan 16% bambu: 24% pandan Bali serta untuk mengetahui struktur mikro spesimen uji <em>impact</em> dari masing-masing spesimen. Metode ini menggunakan eksperimen dengan variabel terikat kekuatan <em>impact</em>, struktur mikro, dan veriabel bebas fraksi volume 24% bambu: 16% pandan, 20% bambu: 20% pandan Bali, dan 16% bambu: 24% pandan Bali. Hasil pengujian <em>impact </em>yang dilakukan menggunakan alat uji <em>charpy</em> mendapatkan nilai rata-rata untuk spesimen 24% bambu: 16% pandan Bali 4659,99 J/m2, 20% bambu: 20% pandan Bali 3905,71 J/m2,dan 16% bambu: 24% pandan Bali 5391,52 J/m2. Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa kombinasi serat dapat berpengaruh pada kekuatan <em>impact</em>. Untuk spesimen yang menggunakan serat 16% bambu: 24% pandan Bali memiliki kekuatan impact yang lebih besar dengan serat yang lainnya. Secara mikroskopik pola patahan menunjukkan terjadinya pola patahan getas (<em>brittle</em>) pada spesimen 20% bambu: 20% pandan Bali dan mengalami kondisi fiber pull out. Untuk kondisi patahan sikat terjadi pada spesimen uji mikro serat 24% bambu: 16% pandan Bali. Sementara pada spesimen serat 16% bambu: 24% pandan Bali hanya memiliki model patahan getas (<em>Brittle Fracture</em>) dan tidak mengalami <em>fiber pull out.</em></p>2023-02-26T10:29:54+00:00Copyright (c) 2023 J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesinhttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/J-Proteksion/article/view/8571Analisis Pembebanan Dinamis pada Rancangan Desain Rangka Electric Bike Menggunakan Solidworks 20182023-02-26T10:29:56+00:00Lukman Efendilukmanefendi1999@yahoo.comAndik IrawanAndik_Irawan@polije.ac.idDicky Adi Tyagitadicky.tyagita@yahoo.comAditya Wahyu Pratamaaditya_wa@polije.ac.id<div class="WordSection1"><p class="StyleAuthorBold">Nilai dari kekuatan dan keamanan suatu rangka kendaraan dapat di tingkatkan dengan menentukan jenis rangka, pemilihan material yang digunakan, serta proses pembuatan dan perakitan. Studi ini melakukan penelitian terhadap rancangan rangka sepeda listrik dengan menggunakan metode simulasi perangkat lunak <em>Solidworks</em> untuk mengetahui kekuatan rangka serta material yang efektif dalam menahan beban yang diberikan. Parameter yang ingin diketahui yaitu nilai tegangan maksimum, nilai defleksi, tegangan ijin serta angka faktor keamanan. Menggunakan perbandingan dua material yaitu Aluminium Alloy 6061-T6 dan <em>Stainless Steel</em> 321 dengan besar beban yang diberikan yakni 950 N, 1050 N, dan 1150 mendapatkan data hasil simulasi yang paling efesien yaitu material <em>Stainless Steel</em> 321 dengan angka tegangan maksimum sebesar 92 Mpa, 103 Mpa, dan 113 Mpa. Nilai defleksi sebesar 0,771 mm, 0,859 mm, dan 0,947 mm. Angka tegangan ijin serta faktor keamanan yang diperoleh dengan perhitungan manual yakni sebesar 117 Mpa ubtuk nilai tegangan ijin dan 2 untuk nilai faktor keamanan.</p></div>2023-02-26T10:29:56+00:00Copyright (c) 2023 J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesinhttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/J-Proteksion/article/view/11474Analisis Simulasi Pengaruh Kekuatan Material Komposit Paduan HGM dan Serat Alami terhadap Kekuatan Uji Balistik2023-02-26T10:29:57+00:00Boy Rollastinboy@polman-babel.ac.idJuanda Juandajuanda@polman-babel.ac.idYudi Oktriadiyudioktriadi@gmail.comGalindra Mutiara Rahmatullahgalindramutiara01@gmail.com<p class="abstrak">Seiring perkembangan teknologi rekayasa material, banyak cara dilakukan guna meningkatkan elastisitas rompi anti peluru berfungsi dengan baik dan bobot seringan mungkin agar bisa direkomendasi sebagai material peredam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sifat mekanik dari material komposit dengan komposisi <em>Hollow Glass Microsphere, epoxy</em>, dan serat daun nanas untuk pengujian balistik standar NIJ 0101.06. Metode yang digunakan Analisis pada <em>software finite element</em> dengan variasi ketebalan 10mm (24.12gr serat; 21.6gr HGM; 134.87gr <em>Epoxy</em>), 15mm (36.18gr serat; 32,4gr HGM; 202,30gr <em>Epoxy</em>) dan 20mm (48.24 gr serat; 43.2gr HGM; 269,73gr <em>Epoxy)</em>. Hasil analisis nilai deformasi yakni 49,823mm, 36,1mm dan 24,974mm. Nilai tegangan berturut-turut 20,604Mpa, 17,451Mpa dan 49,231Mpa. Nilai regangan berturut-turut 0,04056 mm/mm, 0.066374 mm/mm, dan 0,3323 mm/mm, sedangkan energi kinetik pada rompi 195,94 J, 168,31 J dan 110,59 J. </p>2023-02-26T10:29:57+00:00Copyright (c) 2023 J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin